Foto wanita sakit pinggang.
Foto wanita sakit pinggang. Credit: freepik

Pernah mengalami sakit pinggang karena kecetit?
Kalau pernah pasti tahu deh rasa sakitnya seperti apa, tapi bagi kalian yang belum tahu, semoga saja jangan pernah mengalami.

Sebelum lanjut membahas mengenai bagaimana cara mengobati sakit pinggang karena kecetit, lebih baik perlu sedikit tahu apa kecetit itu?

Kecetit adalah syaraf pinggang yang kejepit

Kecetit atau dalam istilah medis disebut hernia nucleus pulposus (HNP) adalah terjepitnya saraf saat melewati kanalis spinalis oleh penonjolan nukleus pulposus (bantalan tulang belakang/diskus),

Rasa sakit akibat kecetit ini terjadi tidak hanya di punggung tempat terjadinya kecetit saja, tetapi bisa dirasakan oleh semua bagian tubuh yang sarafnya terhubung.

Mampoo sendiri pernah merasakan kecetit ini, dan rasa sakitnya membuat jari-jari kaki kanan mampoo kesemutan setiap harinya.

Penyebab kecetit

Penyebab kecetit bermacam-macam.
Seperti kurangnya pemanasan saat akan melakukan olahraga berat seperti futsal, sepak bola, badminton ataupun bermain basket.

Namun penyebab kecetit paling umum biasanya adalah karena melakukan gerakan tiba-tiba dan memaksa mengangkat beban berat secara berlebihan dengan cara yang kurang benar.

Kecetit dialami tidak hanya oleh orang tua

Kecetit ini bisa terjadi oleh siapapun, terutama oleh orang-orang yang berusia produktif dan orang tua.

Bagi orang-orang yang masih berusia produktif dan tergolong berusia di bawah 30 tahun, pengobatannya akan relatif lebih mudah daripada orang yang berusia 40 tahun ke atas.

Cara mengobati kecetit

Sebenarnya ada beberapa cara mengobati kecetit seperti dipijat dan pergi ke dokter, namun yang akan mampoo bagikan di sini adalah pengalaman Mampoo mengobati kecetit dengan terapi seperti yang disarankan oleh dokter dan tanpa pijat.

Cara mengobati kecetit dengan cara terapi ini ada beberapa langkah, yaitu:

Terapi tidur di atas alas keras

Foto perempuan tidur terlentang

Jika kecetit terjadi di punggung, cara terapi untuk pengobatannya adalah tidur di alas yang keras.

Maksudnya adalah jangan tidur di atas kasur seperti kasur spring bed, tetapi tidurlah di lantai dengan beralaskan matras yang keras tetapi masih nyaman untuk dibuat tidur.

Cara tidur untuk mengobati kecetit inipun ada caranya, tidak serta merta tidur lalu ngorok.

Tetapi tidurlah dengan posisi terlentang.
Posisi tidur ini jika tidak terbiasa akan membuat punggung terasa kurang nyaman dan terasa nyeri saat pertama dilakukan karena akan sangat terasa bagian punggung yang menyangga tubuh dan saraf terasa tertarik.

Lakukan posisi tidur ini selama beberapa hari bahkan bulan tergantung tingkat keparahan kecetit, hingga kecetit terasa reda.

Mampoo sendiri melakukan terapi tidur terlentang ini selama kurang lebih satu tahun.

Olahraga

Foto olahraga jalan kaki di pagi hari

Perbanyak olahraga, tidak perlu olahraga yang terlalu berat, cukup olahraga jalan kaki selama kurang lebih 30-60 menit setiap harinya.

Atau perbanyak jalan kaki di mall juga boleh :D

Selain olahraga jalan kaki, olahraga renang juga dianjurkan.

Latih kelemasan punggung

Setelah olahraga jalan kaki, lanjutlah dengan latihan melemaskan punggung.

Caranya adalah dengan berlatih mencium lutut dengan kondisi berdiri.

Jika latihan mencium lutut ini terasa sulit, bisa juga dengan cara posisi seperti orang yang ruku’, yaitu pegang lutut dengan kedua tangan, dan kemudian posisikan punggung secara rata.

Tiga cara mengobati sakit punggung akibat kecetit tersebut bisa dilakukan secara mandiri dan rutin.

Tidak butuh biaya banyak, yang paling penting adalah rutin dilakukan agar sakit pinggang akibat kecetit bisa segera hilang dan punggung bisa normal kembali sehingga bekerjapun bisa kembali nyaman.

Dan, satu hal lagi yang tak boleh dilupakan adalah, minum air putih yang banyak.