Cara Mudah Cek Fisik Baterai Smartphone-mu Sehat Atau Tidak

213
views
gambar baterai xiaomi
gambar baterai xiaomi

Sahabat Mampoo, baterai merupakan komponen terpenting buat smartphone, bagaimana tidak, kalau baterai tidak sehat tentu daya yang dihasilkanpun tidak akan bisa sempurna dan bertahan lama.

Nah, hari ini Mampoo berikan tips untuk melakukan cek fisik baterai smartphone secara mudah dan sederhana tanpa menginstall aplikasi.
Ya benar, cek baterai tanpa aplikasi ini karena yang akan kita cek adalah fisik baterai smartphone sahabat Mampoo.

Cara pertama adalah dengan melihat tampilan secara fisik baterai smartphone sahabat mampoo. Untuk memudahkan melakukan pengecekan, lebih baik kalau baterai dilepaskan dari smartphone kemudian amati fisik dari baterai apakah ada benjolan?
Terkadang baterai yang akan rusak akan mengalami benjolan atau biasa yang disebut dengan baterai hamil. Jika tidak terlihat adanya benjolan, berarti baterai smartphone secara fisik masih sehat.

gambar baterai xiaomi
gambar baterai xiaomi

Cara kedua adalah dengan melakukan metode putar.
Cara melakukan metode putar ini adalah meletakkan baterai smartphone pada tempat yang datar, seperti kaca. Kemudian putarlah baterai smartphone yang telah diletakkan di atas kaca tadi.
Jika baterai dapat berputar, maka baterai terdapat benjolan meskipun itu kecil, tetapi jika kesat dan tidak dapat diputar, maka bersyukurlah bahwa baterai smartphone sahabat Mampoo baik-baik saja.

Baterai yang menggelembung atau benjol perlu diganti dengan segera, karena bila tidak segera diganti, dikhawatirkan cairan baterai akan dapat keluar dan masuk ke dalam smartphone dan akan dapat menimbulkan kerusakan yang lebih parah.