Foto Amien Rais dan Habib Rizieq di Instagram Hilang Secara Misterius

Dalam foto Amien Rais dan Habib Rizieq yang hilang tersebut ada juga foto pertemuan kedua tokoh tersebut dengan Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto

15
views
Foto Amien Rais dan Habib Rizieq serta Prabowo yang hilang
Foto Amien Rais dan Habib Rizieq serta Prabowo yang hilang

Foto Amien Rais dan Habib Rizieq di Instagram tiba-tiba menghilang.

Foto Amien Rais dan Habib Rizieq yang hilang tersebut menampilkan pertemuan antara kedua tokoh tersebut bersama dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Mekah.

Seperti yang dilansir oleh Tempo.co (5/6/2018), pemberitahuan hilangnya foto Amien Rais dan Habib Rizieq tersebut ada di akun Instagram Amien Rais.

“Unggahan Anda telah dihapus. Kami menghapusnya karena unggahan itu tidak sesuai dengan pedoman komunitas kami,” demikian pemberitahuan Instagram (dalam terjemahan bahasa Indonesia) di akun Amien.

Pembelaan pemerintah

Menanggapi hilangnya foto Amien Rais dan Habib Rizieq yang hilang tersebut, Menteri KOmunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menjelaskan jika Pemerintah tak tahu menahu perihal hilangnya foto tersebut.

“ā€ˇPemerintah dalam hal ini Menkominfo tidak pernah meminta Instagram untuk take down dari foto orang yang sedang umrah di Mekkah,” kata Rudiantara usai rapat dengan Komisi I DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, seperti yang dilansir oleh Tribunenews.com Selasa (4/6/2018).

Menkominfo menduga jika kemungkinan besar foto tersebut memang telah diturunkan oleh si pengunggah foto atau bisa juga foto tersebut telah dilaporkan oleh masyarakat karena akan dapat mengganggu ketertiban umum.

Pembelaan Amien Rais

Dalam akun Instagram-nya, Amien Rais menyebut penghapusan unggahannya tersebut adalah bentuk pencederaan kebebasan berekspresi.

Wakil Ketua Partai Gerindra Fadli Zon menuding ada kemungkinan pihak-pihak tertentu terlibat dalam penghapusan unggahan tersebut. “Foto itu kan bukan berisi pornografi, fitnah, atau hoax. Kenapa harus dihapus?” ujar Fadli saat ditemui di lokasi yang sama.

Pembelaan Instagram

Seperti yang dilansir oleh Merdeka.com (5/6/2018), Instagram sendiri melalui Instagram Indonesia saat ini mengaku tengah melakukan penyelidikan, kenapa foto Amien Rais dan Habib Rizieq tersebut hilang atau dihapus.

“Soal Amien Rais, kami belum bisa berkomentar karena masih diperiksa kenapa di-take down,” ungkap salah satu sumber Instagram Indonesia.