Ini 3 Penyebab Motor Matic Boros BBM

304
views
Foto Speedometer Honda Beat Pop eSP
Foto Speedometer Honda Beat Pop eSP

BBM Motor Matic seharusnya irit dan tidak boros, jika BBM motor matic tiba-tiba boros, tentu ada penyebabnya. Apakah itu?

Motor matic sejatinya telah didesain oleh pabrikan agar hemat BBM.
Namun seiring berjalannya waktu dan pemakaian motor matic bisa saja tiba-tiba menjadi boros BBM.

Penyebab motor matic boros BBM

Ketika motor matic yang dipakai sahabat Mampoo terasa boros, kenalilah penyebabnya:

1. Memanaskan mesin

Memanaskan mesin memang dianjurkan agar sebelum melakukan perjalanan, oli dapat melumasi seluruh bagian mesin.
Tetapi tentu saja ritual memanaskan mesin ini tidak perlu terlalu lama, karena jika terlalu lama mesin justru akan cepat rusak karena tidak mendapatkan pendinginan langsung saat motor berjalan.

2. Perawatan Motor

Rawatlah motor dengan teratur. Bengkel biasanya mengeluarkan kartu anjuran untuk melakukan penggantian oli selanjutnya, alangkah lebih baik jika sahabat Mampoo dapat mengikuti anjuran tersebut.

Perawatan motor reguler yang dapat mempengaruhi konsumsi bbm setiap hari adalah penggantian oli secara rutin dan membersihkan filter udara.

3. Gas Pol

Kebanyakan kesalahan pengendara motor adalah selalu membuka gas dengan penuh saat berangkat atau berakselerasi, hal ini tentu saja sangat mempengaruhi konsumsi BBM.

Dianjurkan agar dapat menghemat BBM, saat berangkat atau berakselerasi bukalah gas secara perlahan atau dalam bahasa gaulnya mengurut gas.
Dengan membuka gas secara perlahan dan konstan, konsumsi BBM akan dapat dihemat, mesin pun akan lebih awet serta gaya mengemudi sahabat Mampoo akan jauh lebih aman dan nyaman.

Itulah tiga penyebab konsumsi BBM motor matic sahabat Mampoo tiba-tiba menjadi terasa boros.