Ini Alasan Samsung Tolak Bangun Pabrik di Indonesia

290
views
Logo Samsung

Samsung dikabarkan hampir membuat keputusan final untuk tidak membangun pabriknya di Indonesia, dan Samsung ternyata lebih memilih Vietnam sebagai tempat untuk membuka pabriknya di kawasan Asia Tenggara ini.

Inilah alasan Samsung tolak bangun pabrik di Indonesia meskipun Samsung mengakui bahwa Indonesia adalah pangsa pasar terbesar mereka di Asia Tenggara.

Logo Samsung

1. Tax Holidays

Masalah Tax Holidays (insentif pajak) selama 30 tahun yang ditawarkan oleh pemerintah Vietnam menjadi daya tarik tersendiri bagi Samsung. Bagi perusahaan – perusahaan yang akan berinvestasi, pajak merupakan salah satu hal yang patut diperhitungkan.

2. PPnBM

Keputusan pemerintah yang menetapkan penjualan ponsel akan mendapatkan PPnBM atau Pajak Penjualan atas Barang Mewah juga disebutkan Samsung sebagai faktor penghambat mereka membuka pabrik di Indonesia. Dengan diterapkannya PPnBM, otomatis akan membuat harga ponsel melambung, dan akan membuka kesempatan masuknya ponsel-ponsel ilegal dalam kapasitas yang amat besar. Dan Samsung memprediksikan, harga ponsel di dalam negeri tidak akan mampu bersaing dengan harga ponsel ilegal meskipun yang dijual tersebut adalah barang dengan tipe yang sama.

3. Aturan Pemerintah

Aturan Pemerintah Indonesia yang banyak dan ribet juga disebut Samsung sebagai salah satu faktor penghambat mereka untuk membangun pabriknya di Indonesia.

Saat ini, pemerintah Indonesia melalui Menteri Perekonomian, Chairul Tanjung sedang melakukan lobi untuk merayu Samsung agar tetap bersedia membangun pabrik ponselnya di Indonesia.