Foto powerbank
Foto powerbank. Sumber: Designed by xb100 / Freepik

Mulai hari ini, Jumat (9/3/2018), pihak otoritas Bandara Soekarno Hatta secara resmi telah mengeluarkan peraturan mengenai spesifikasi powerbank yang dilarang untuk dibawa masuk ke kabin pesawat.

Aturan yang dikeluarkan oleh otoritas Bandara Soekarno Hatta ini telah didasarkan pada ketentuan dari International Air Transport Association (IATA).

Seperti yang dilansir oleh akun Twitter Soekarno-Hattayang beralamat di @CGK_AP2, IATa mengeluarkan aturan untuk powerbank.

Dalam twit tersebut, disebutkan jika Powerbank yang memiliki kapasitas di bawah 100Wh, dapat dibawa masuk ke dalam bagasi kabin. Sedangkan powerbank yang memiliki kapasitas daya antara 100Wh dan 160 Wh dapat masuk ke dalam bagasi kabin, asalkan telah mendapatkan persetujuan dari pihak maskapai penerbangan.

Sementara itu untuk powerbank yang memiliki kapasitas daya di atas 160Wh dilarang untuk dibawa masuk ke dalam bagasi kabin.

Jadi, apakah powerbank sahabat mampooo dapat dibawa masuk ke dalam kabin pesawat?

Sahabat Mampoo dapat memutuskan sendiri apakah powerbank milik sahabat Mampoo saat ini bisa dibawa masuk ke dalam bagasi kabin pesawat atau tidak.

Sebagai informasi saja, jika kapasitas powerbank 100Wh itu sebenarnya setara dengan kapasitas powerbank sebesar 27.000 mAh.

Nah untuk mengetahui kapasitas powerbank, sahabat Mampoo dapat mengetahuinya di bagian bawah powerbank.

Cara menghitung Wh Powerbank

Seperti yang dilansir oleh liputan6.com, Cara untuk menghitung kapasitas powerbank dalam Wh dapat mempergunakan rumus sebagai berikut:

Sahabat Mampoo dapat mengalikan kapasitas (mAh) dengan voltase (V) powerbank lalu dibagi 1.000.

Malas menghitung?

Tenang saja, saat ini powerbank yang dijual di pasaran kapasitasnya tak tak melebihi 100Wh, yang artinya powerbank milik sahabat Mampoo bisa dibawa masuk ke bagasi kabin.

Kenapa ada aturan powerbank dilarang di pesawat terbang?

Pihak IATA terpaksa harus mengeluarkan peraturan mengenai pelarangan powerbank dibawa masuk ke kabin pesawat ini karena pada tanggal 25 Februari 2018 lalu, terdapat kejadian meledaknya sebuah powerbank di pesawat China Southern Airlines di Bandara Internasional Guangzhou Baiyun.

powerbank terbakar di pesawat
powerbank terbakar di pesawat

Beruntung, powerbank yang meledak di bagasi kabin pesawat tersebut meledak saat pesawat belum terbang dan tidak menimbulkan korban jiwa.

So… cek kapasitas powerbank sahabat mampoo saat ini dan tetap taati peraturan penerbangan supaya aman dan selamat.