google play store
google play store

Mulai tanggal 30 Juni 2017 mendatang, Google akan mulai menghentikan layanan Google Play Store untuk beberapa hp android.

Jadi jangan heran jika pada saat tersebut kalian tiba-tiba tidak bisa masuk ke google play store untuk mengunduh aplikasi yang baru atau hanya sekedar update aplikasi, karena Google memang telah mengeluarkan aturan baru terkait jenis android yang tidak bisa mengakses google play store.

Agar kejadian gagal masuk ke play store tersebut tidak terjadi, maka kalian perlu memastikan jika versi android yang terinstall di hp bukanlah versi android yang telah dipensiunkan oleh google untuk mengakses play store.

Seperti yang telah dilansir oleh Kompas.com (21/6/2017) Google sendiri telah merilis pernyataan yang menyatakan bahwa setelah tanggal 30 Juni 2017, beberapa versi android lawas tidak akan bisa mengakses google play store.

Versi android lama seperti android 1.0, 1.1, 1.5, 1.6, 2.0, dan 2.1 bakal tidak bisa mengakses atau memasang aplikasi baru dari Google Play Store.

Sementara itu untuk versi di atas itu atau versi android mulai 2.2 froyo ke atas masih mendapatkan dukungan google untuk dapat mengakses Google Play Store.

Google mengatakan bahwa ditutupnya akses untuk beberapa versi android lama adalah karena para pengembang aplikasi android saat ini sudah tidak mengembangkan lagi aplikasi-aplikasi untuk android lama.

Selain itu tentu saja, para pengguna perangkat hp android yang memakai sistem operasi lama tersebut juga sudah sangat sedikit, karena kebanyakan dari pemakainya telah membeli perangkat android baru yang memiliki sistem operasi android dengan versi yang lebih tinggi.