Inilah Nilai Hasil Uji Tabrak Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

609
views
gambar toyota avanza veloz
toyota avanza veloz merupakan seri tertinggi di kelas Toyota Avanza yang memiliki kelengkapan seperti ABS, SRS Airbag dan Seat Belt Reminder

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia merupakan dua buah mobil yang memiliki manufaktur yang sama persis, hanya saja untuk penjualannya saja dibedakan, Avanza dilabeli dengan merk Toyota sedangkan Xenia dilabeli dengan merk Daihatsu.

Dua saudara kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia ini telah lama melintang di dunia otomotif Indonesia. Munculnya Avanza dan Xenia merupakan jawaban atas semakin melambungnya harga mobil MPV yang saat itu diisi oleh Toyota Kijang Kapsul yang kemudian digantikan dengan generasi Toyota Kijang Innova. Pada saat awal peluncurannya, Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga diantara Rp 90 juta untuk tipe terendah hingga Rp 150 juta untuk tipe tertingginya. Namun kalau harga terbaru Avanza dan Xenia saat ini tentu sudah mengalami lonjakan harga yang cukup jauh dari harga awal peluncurannya.

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pun tak perlu waktu lama untuk menguasai pasar otomotif nasional, hingga akhirnya dijuluki sebagai mobil sejuta umat. Karena menyandang predikat mobil sejuta umat bahkan tak sedikit pula yang mencibir kualitas produksi baik body eksterior maupun interior mendapat cibiran. Seperti mobil yang tak pantas buat mengangkut orang karena suspensi yang keras hingga body yang mudah penyok.

gambar toyota avanza veloz
toyota avanza veloz merupakan seri tertinggi di kelas Toyota Avanza yang memiliki kelengkapan seperti ABS, SRS Airbag dan Seat Belt Reminder

Namun seiring berjalannya waktu duet Avanza dan Xenia ini terus melakukan perbaikan-perbaikan hingga akhirnya muncul generasi terakhir yang cukup apik.
Apiknya generasi akhir dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia ini pun juga dibuktikan dengan hasil uji tabrak oleh ASEAN NCAP.
Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia generasi tahun 2013 ini saat ini telah dilengkapi dengan fitur – fitur seperti Anti-lock Breaking System (ABS), SRS Airbag, dan Seat Belt Reminder (SBR) dan ketika diuji tabrak oleh ASEAN NCAP mendapatkan skor 12,98 atau bintang empat (terbaik mendapatkan bintang lima) untuk perlindungan penumpang dewasa dan mendapatkan skor 38% untuk perlindungan penumpang anak-anak.
Sebuah skor yang cukup untuk membuat Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia semakin membuat para penumpangnya merasa semakin nyaman dan membuat duo kembar ini semakin menancapkan kuku mereka di pangsa pasar otomotif Indonesia.

Berikut ini video yang memperlihatkan ketika Toyota Avanza melakukan uji tabrak yang dilakukan oleh ASEAN NCAP.

Berita Terkait