cara merawat printer brother
cara merawat printer brother

Printer Brother merupakan produk pengembangan dari perusahaan elektronik Brother yang telah lebih dari 100 tahun berinovasi dengan produk-produk unggulnya. Pada tanggal 23 September 2008 didirikanlah anak cabang Brother, PT. Brother Internsional Sales Indonesia.

Dari semua produknya, printer adalah salah satu produk unggulannya. Oleh karena itu, untuk memperluas pangsa pasarnya, Brother terus memperbarui kualitasnya dari waktu ke waktu hingga kini.

Berbicara mengenal printer, Anda tentu sudah tahu bahwa berbeda merek printer, berbeda pula cara merawatnya. Jangan sampai Anda malah merawatnya dengan asal-asalan. Nah, berikut beberapa tips untuk merawat printer Brother InkJet dengan baik dan benar:

1. Jaga Kebersihan Printer Brother

Seperti halnya perangkat elektronik lain, perangkat printer Brother yang tidak terawatpun akan mudah rusak. Oleh karena itu, rawatlah printer Anda dari debu serta kotoran.

Jika printer yang Anda gunakan berada pada tempat yang berdebu, gunakan penutup printer, baik dari plastik atau dari kain. Hati-hati juga terhadap binatang-binatang kecil yang masuk ke dalam printer Anda, karena jika binatang itu mati di dalam printer akan menyebabkan kerusakan pada printer.

2. Perhatikan Meja Kerja

Tidak hanya printernya saja yang diperhatikan, tapi juga kondisi meja kerja Anda. pastikan meja yang Anda pakai untuk meletakkan printer tidak lembek atau terlalu lunak. Gunakan meja yang kuat agar saat printing, komposisi printnya sesuai dengan kertas Anda.Tidak disarankan juga printer Brother Anda berada pada tempat yang memiliki getaran yang tinggi.

3. Paper Jam

Meski Anda kadang terburu-buru, usahakan jangan menarik begitu saja kertas print yang belum tercetak sempurna. Namun apabila terjadi “Jam” cabutlah semua kertas print tersebut dan jangan sampai ada yang tertinggal di dalamnya. Perhatikan juga saat mencabutnya. Usahakan mencabut kertas dengan searah secara perlahan.

4. Test Print

Jika Anda benar-benar tidak menggunakan printernya, lakukanlah test print baik yang monochrome maupun berwarna sebagai perawatan alternatif untuk menjaga head printer Brother Anda tetap sehat. Lakukan paling minimal satu minggu 2 kali.

5. Rutin Menggunakan Print

Meskipun Anda tidak memiliki aktivitas print, usahakan gunakan printer Anda secara berkala dan jangan biarkan tidak terpakai dalam waktu yang cukup lama. Jangan lupa pula untuk mencetak warna minimal 1 lembar setiap hari untuk menjaga agar head printer Brother tidak mengering.
Perawatan printer tersebut sangat cocok diterapkan pada printer yang diperuntukkan bagi kantoran, sebab jika terlalu lama tidak terpakai untuk cetak warna, akan menyebabkan head cepat kering dan salah satu atau bahkan keseluruhan warnanya tidak akan keluar.

6. Cek Head secara Berkala

Jika printer Brother yang Anda gunakan hasilnya tidak maksimal, lakukanlah cleaning head minimal sekali dalam seminggu untuk menjaga head tidak kering dan tetap bagus. Anda bisa mencoba test cleaning dan cek Print Quality secara rutin seminggu sekali untuk memastikan tidak ada kotak yang tidak terisi. Jika Anda menemukan yang kosong segera lakukan cleaning agar head tidak kering.

7. Gunakan Original Cartridge

Meski Anda mendapatkannya dengan harga yang tidak murah, namun untuk hasil cetakannya akan lebih berkualitas dan untuk perawatannya akan lebih mudah, dan yang paling penting ada garansi pada mesin tersebut.

8. Infus Printer

Untuk keamanan dan keawetan printer Brother Anda, gunakanlah infus printer agar lebih praktis juga.
Dengan perawatan sederhana pada printer Anda, printer Brother yang sudah berkualitas akan menjadi semakin berkualitas dan tentunya akan semakin awet. Perhatikan juga jangan sembarangan bongkar pasang sendiri perangkat printer Anda jika belum ahli, karena hal tersebut akan mengakibatkan kesalahan fatal. Sebaiknya jika ada permasalahan, langsung datang ke tempat service yang terpercaya.

Referensi: https://www.bhinneka.com/category/printer/brands/brother.aspx