tampilan design Twitter baru vs lama
tampilan design Twitter baru vs lama

Menjelang lebaran yang insya Allah hari Rabu (5/6/2019) besok, Twitter memberikan bocoran tampilan Twitter yang baru.

Memang sebenarnya tidak ada hubungannya antara lebaran besok dengan tampilan Twitter yang baru ini, tetapi, entah mengapa Mampoo menganggap bahwa timing atau waktu yang diambil oleh Twitter ini memang dipas-paskan dengan momen lebaran.

Bagaimana tampilan design Twitter yang baru?

Sebagai salah satu platform media sosial yang harus bertahan di tengah persaingan, tentu saja para penggede Twitter sudah paham bahwa mereka harus melakukan perubahan-perubahan agar dapat bersaing dengan media sosial lain saingan mereka, seperti Facebook.

Twitter sendiri sepertinya juga tak ingin bernasib sama seperti Google Plus, yang layanannya sudah ditutup oleh Google karena harus kalah bersaing dengan Facebook.

Mungkin, atas dasar itulah, akhirnya Twitter memberanikan untuk mengubah desain Twitter dari tampilan sekarang ke tampilan baru.

Tampilan design Twitter yang baru akan lebih simple daripada tampilan design Twitter lama.

Di design Twitter yang baru, pengunjung akan diberikan tampilan model dua kolom – design Twitter lama memakai 3 kolom – yang akan memberikan kesan clean dan modern.

Keuntungan dari design Twitter 2 kolom ini, timeline terlihat semakin besar, dan area baca timeline Twitter pun lebih luas.

tampilan baru twitter 2 kolom
tampilan baru twitter 2 kolom

Perubahan fitur Twitter

Perbedaan design Twitter yang baru bisa terlihat di penempatan fitur-fiturnya.

Area menu atas
Di area menu atas, design Twitter yang baru hanya menyisakan icon-icon menu saja. Teks menu seperti Home, Notifikasi dan Pesan dihilangkan oleh Twitter.

Selain menghilangkan teks menu, Twitter juga menambahkan icon baru yang berbentuk “#” tanda pagar (Tagar) yang jika diklik akan mengarah ke halaman daftar trending tag.

Area pencarian juga akan menjadi lebih panjang.

Kolom kiri hilang
Nah, di bagian ini yang paling memperlihatkan perbedaan tampilan design Twitter lama dengan yang baru.

Fitur-fitur seperti Twitter trending, yang sebelumnya ada di kolom kiri dipindahkan ke kolom kanan, dan tetap diletakkan di atas sendiri, dan kemudian diikuti dengan fitur rekomendasi akun Twitter yang direkomendasikan untuk di follow.

menu twitter baru
menu twitter baru

Tombol membuat Twit
Di design Twitter yang baru ini, Twitter juga memindahkan letak tombol membuat Twit.

Jika sebelumnya ada di kanan atas, dipindahkan di kanan bawah, dan dibuat dengan model floating atau melayang. Sama seperti tombol “+” yang ada di versi aplikasinya.

Bagaimana, apakah kamu suka dengan tampilan design Twitter yang baru ini? Silahkan berikan tanggapan kalian di kolom komentar di bawah ya.

Dan jangan lupa, beritahu juga teman-temanmu mengenai tampilan design Twitter yang baru ini, agar temanmu juga lebih paham.