gambar Asus Zenfone 2
Spesifikasi dan harga Asus Zenfone 2 sangat menggoda.

Asus Zenfone 2 merupakan hp android yang fenomenal, diluncurkan di pertengahan Minggu bulan April 2015 lalu, Asus Zenfone langsung menyedot perhatian pecinta gadget tanah air.

Bagi pecinta gadget yang ingin mendapatkan Asus Zenfone 2 pun sempat dibuat kecewa, pasalnya harga di distributor resmi maupun di beberapa toko harga Zenfone 2 ini melonjak tajam, bisa selisih Rp 500 ribu dari harga resmi yang dirilis oleh Asus Indonesia.
Keadaan ini diperparah dengan tidak tersedianya Zenfone 2 di toko resmi Asus, Store.Asus.com/id.

gambar Asus Zenfone 2
Spesifikasi dan harga Asus Zenfone 2 sangat menggoda.

Lalu bagaimanakah kesan pertama menggunakan Asus Zenfone 2 ini, apakah waktu menunggu dan selisih harga tersebut terbayarkan oleh smartphone bertenaha prosesor Intel ini?

Mampoo yang baru saja mendapatkan Asus Zenfone 2 dan baru memakainya selama beberapa hari merasakan kepuasan tersendiri terhadap performa Zenfone 2 ini.

Tentu saja mungkin ini tak lepas dari spesifikasi Zenfone 2 yang Mampoo gunakan saat ini lebih tinggi dari spesifikasi smartphone lama yang hanya memiliki RAM 1 GB, karena adanya perbedaan spesifikasi ini tentu membuat impresi terhadap kinerja sebuah smartphone jadi berbeda pula.

Pengalaman Pertama Menggunakan Asus Zenfone 2

Pertama kali memegang Asus Zenfone 2 ini Mampoo merasakan bahwa Zenfone 2 sepertinya memiliki bobot yang sedikit berat dibandingkan Lenovo S920 milik Mampoo.
Namun meskipun Zenfone 2 ini memiliki ukuran layar lebih besar, yaitu 5,5 inchi, ukuran bodynya tidak berbeda dengan smartphone yang berukuran 5,3 inchi. Tentu saja secara kasat mata perbedaan sebesar 0,2 inchi ini tidak terlalu kentara.

Masih impresi pertama memegang Asus Zenfone 2 ini, mampoo merasakan bahwa memegang smartphone terbaru milik Asus ini terasa mantap dan pas di tangan. Hal ini tentu karena bagian belakang Zenfone 2 memiliki desain melengkung yang mengakibatkan terasa pas di lekukan genggaman tangan.

Pengalaman Pertama Membuka Aplikasi Menggunakan Asus Zenfone 2

Tidak ada masalah yang berarti, itulah kesan pertama mampoo membuka berbagai macam aplikasi di smartphone terbaru Asus ini.
Semua aplikasi dan multitasking dilahap habis oleh Zenfone 2.

Pengalaman Pertama Menggunakan ZenUI

Asus memiliki desain front end sendiri yang diberi nama ZenUI. Penggunaan ZenUI ini menurut Mampoo sangat mudah dipahami oleh pengguna pemula seperti Mampoo yang baru saja mencicipi ZenUI.

Tetapi ada satu hal yang kurang mengenakkan yang Mampoo jumpai terkait ZenUI Asus Zenfone 2 ini. Ketika rekan Mampoo membuka pertama kali Zenfone 2 milik Mampoo, rekan tersebut langsung berkata bahwa ZenUI nya tidak berbeda dengan ZenUI milik Asus Zenfone 5 miliknya.

Padahal seperti diketahui, Zenfone 2 ini telah memakai sistem operasi Android 5.0 Lollipop, oke, mungkin jika sudah diupdate ke versi lebih tinggi akan mulai tampak beberapa perbedaannya.

Yang Tidak Disukai Dari Asus Zenfone 2

Yang tidak disukai dari Asus Zenfone 2 ini muncul secara spontan saja, dan menurut Mampoo tentu akan hilang dengan sendirinya setelah pemakaian beberapa saat lamanya.

Yang pertama yang tidak Mampoo sukai dari Zenfone 2 ini adalah tombol fisiknya tidak menyala.
Tentu saja hal ini sangat mengganggu bagi pemakai baru seperti Mampoo yang dimanjakan oleh Lenovo S920 yang memiliki tombol fisik menyala jadi apabila kondisi gelap jari-jari ini tidak salah pencet tombol.
Menilik harga Zenfone 2 yang bisa dikatakan masuk ke kelas menengah atas dan memiliki spesifikasi yang mumpuni, tentu terlihat sedikit aneh jika Asus tidak membuat tombol fisik home, back dan menu ini menyala.

Yang kedua adalah tombol volume yang terletak di bagian belakang. Desain tombol volume yang menyerupai milik LG G3 Stylus ini sebenarnya memiliki kelebihan mudah diakses ketika hp ada dalam genggaman tangan, tetapi kebiasaan meletakkan hp di atas meja kerja akan mengubah kebiasaan tanpa mengangkat hp ketika harus menekan tombol volume untuk mengeraskan atau mengurangi suara hp yang sedang berbunyi.

Selain dua kekurangan tersebut yang Mampoo yakin akan dapat hilang ketika sudah terbiasa memakai, Asus Zenfone 2 adalah smartphone yang luar biasa.

Lihat juga video unboxing Asus Zenfone 2 Di Sini