Manfaat Jeruk Nipis Jika Diminum Setiap Pagi Sebelum Beraktifitas

Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh ini sangat banyak. Mulai dari untuk pencernaan, membuat otak bekerja maksimal hingga sebagai anti kanker. Cara buat air perasan jeruk nipis ini juga mudah banget.

49
views
manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh
manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh

Jeruk nipis meskipun rasanya sangat masam, namun memiliki manfaat yang sangat bagus untuk tubuh manusia yang terdiri dari 60 persen air ini.

Jeruk nipis yang mengandung vitamin C, vitamin A, asam folat dan zat besi bisa membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas atau bahan-bahan kimia lain yang dapat membahayakan sel-sel tubuh hingga munculnya kanker.

Cara mendapatkan manfaat jeruk nipis

Agar dapat mendapatkan manfaat langsung dari jeruk nipis ini, sahabat mampoo dapat mengikuti petunjuk cara membuat air perasan jeruk nipis di bawah ini.

1. Cara membuat air perasan jeruk nipis

Cara untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis secara langsung bagi kesehatan tubuh adalah dengan memanfaatkan air perasan jeruk nipis.

Tetapi, karena rasanya yang sangat masam, jangan langsung meminum air perasan jeruk nipis.

Begini cara membuat air jeruk nipis untuk diminum setiap pagi

  • Untuk meminum airnya, sediakan terlebih dahulu air hangat dalam satu gelas.
  • Kemudian iris jeruk nipis menjadi dua bagian.
  • Peras salah satu jeruk nipis yang telah menjadi dua tersebut dan air perasannya letakkan di gelas yang berisi air hangat yang telah disediakan sebelumnya
  • Aduk air perasan jeruk nipis yang telah ada di gelas air hangat
  • Sambil mengaduk, buang biji jeruk nipis yang mungkin ikut masuk ke dalam gelas
  • Minum air perasan jeruk nipis yang masih hangat tersebut tanpa diberikan tambahan gula atau lainnya.

2. Efek instan yang bisa dirasakan oleh tubuh

Setelah minum satu gelas air perasan jeruk nipis tersebut, sahabat mampoo akan merasakan tubuh menjadi sedikit lemas.

Tetapi tenang saja, itu hanya efek instan sementara saja, karena akan hilang dengan cepat. Dan jika sahabat Mampoo bukan orang yang peka dan perasa, efek tersebut tidak akan terasa sama sekali.

3. Sarapan setelah minum air jeruk nipis

Agar mendapatkan manfaat minum air jeruk nipis yang maksimal, setelah minum perasan air jeruk nipis di pagi hari tersebut, sahabat Mampoo jangan langsung makan pagi atau sarapan.

Beri jeda kurang lebih satu jam setelah minum air perasan jeruk nipis untuk memulai sarapan pagi.

Manfaat minum air perasan jeruk nipis

Sahabat Mampoo akan dapat mulai merasakan manfaat minum air perasan jeruk nipis hangat setiap pagi ini setelah melakukannya secara rutin kurang lebih dua sampai tiga minggu.

Dan setelah jangka waktu tersebut, manfaat jeruk nipis yang dahsyat ini dapat sahabat Mampoo rasakan secara langsung.

1. Melawan Infeksi dan anti kanker

Jeruk nipis yang memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya mampu membantu tubuh membentuk sistem kekebalan yang lebih kuat sehingga dapat melawan infeksi seperti virus flu.

Kandungan anti oksidan jeruk nipis juga akan dapat mencegah penuaan dini dan mengurangi resiko tubuh terkena kanker. Karena kandungan yang ada di jeruk nipis dapat berperan sebagai penetralisir dan membantu tubuh menyeimbangkan kadar asam yang sangat mempengaruhi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

2. Membantu suksesnya diet

Salah satu manfaat jeruk nipis yang diminum setiap hari salah satunya adalah dapat membantu mengontrol berat badan. Hal ini dikarenakan asam sitrat yang ada di jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori lebih banyak dan sedikit menyimpannya dalam tubuh.

Tetapi tentu saja agar diet sahabat mampoo semakin cepat sukses, harus diimbangi juga dengan olahraga secara teratur.

3. Menghindarkan dari sakit diabetes

Jeruk nipis dan kandungan vitamin C nya dapat membantu orang-orang yang terkena penyakit diabetes.

Kandungan indeks glikemik jeruk nipis yang rendah dapat membantu tubuh untuk menyerap gula ke dalam aliran darah.

4. Membantu lebih pintar

Minum air jeruk nipis secara rutin setiap pagi juga bisa membuat sahabat mampoo lebih pintar lho, hal ini karena kandungan magnesium dan potasium jeruk nipis yang tinggi akan dapat membantu sistem otak berfungsi secara maksimal.

Selain itu, jeruk nipis juga dapat membantu tubuh tidak cepat dehidrasi, sehingga sahabat mampoo dapat lebih fokus dalam berpikir dan bekerja karena memiliki energi yang cukup.

Nah, sangat banyak bukan manfaat jeruk nipis yang diminum setiap pagi bagi kesehatanmu, jadi tunggu apalagi untuk melakukannya?
Untuk membuatnya pun tidak dibutuhkan waktu yang lama, tetapi manfaat yang didapatkan sangat bagus bagi tubuhmu.