Mau Menggunakan Batik Saat Acara Resmi? Pastikan Anda Memilih Batik dari Bahan Kain yang Tepat

baju batik

Pakaian yang digunakan saat menghadiri acara formal tentu berbeda dengan pakaian sehari-hari yang biasa Anda kenakan ketika di rumah. Saat menghadiri acara formal, Anda tentu membutuhkan pakaian yang cocok dan sesuai dengan acara tersebut.

Salah satu jenis pakaian yang cocok untuk digunakan saat menghadiri acara formal adalah baju batik.

Baju batik merupakan pakaian yang sangat identik dengan acara-acara formal. Penggunaan baju batik pria akan memberikan kesan elegan ketika digunakan pada saat acara formal sehingga membuatnya jadi pakaian yang sangat tepat untuk menghadiri acara tersebut.

Tapi, tahukah Anda kalau kain batik yang berasal dari Indonesia dibuat dengan menggunakan berbagai bahan kain yang berbeda?

Berikut ini berbagai bahan kain batik yang dapat Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya saat menghadiri acara resmi agar tidak salah pilih.

1Kain Katun

Kain katun merupakan salah satu jenis kain yang sangat populer dan digunakan pada berbagai jenis pakaian.

Kain katun menjadi favorit banyak orang karena kelembutan yang diberikan, sejuk serta dapat menyerap keringat ketika digunakan. Hal inilah yang membuat kain katun jadi salah satu kain yang digunakan untuk membuat batik.

Meskipun penggunaan kain katun bisa diterapkan dalam pembuatan batik, namun bukan berarti Anda dapat menggunakannya pada acara resmi.

Karena, kain katun untuk batik biasanya digunakan pada T Shirt dengan motif batik sehingga akan kurang cocok jika digunakan pada acara resmi.

Di sisi lain, penggunaan batik yang terbuat dari kain katun akan sangat cocok apabila Anda kenakan saat bersantai atau tidak menghadiri acara resmi.

2Kain Mori

Jenis kain lainnya yang digunakan untuk membuat baju batik pria adalah kain mori. Kain ini merupakan kain tenun benang kapas yang berasal dari hasil olahan pabrik.

Kain ini biasanya dibentuk berupa anyaman polos yang diputihkan. Ada berbagau jenis kain mori yang tersedia di pasaran seperti Mori Primissima, Mori Biru, Mori Voalisima dan Berkolin. Kain mori tergolong cukup halus dan memiliki ketebalan yang bervariasi sesuai dengan jenisnya dan biasanya digunakan untuk membuat baju batik.

3Kain Grey

Selain kain mori, terdapat pula jenis kain lainnya yang biasanya digunakan untuk membuat kain batik dan bisa Anda gunakan saat menghadiri acara resmi. Kain tersebut adalah kain grey yang juga terbuat dari kain tenun berbahan kapas.

Meskipun sama-sama berasal dari kapas, kain ini memiliki perbedaan dengan kain mori yakni tidak melalui proses pemutihan sehingga warnanya masih alami. Bahan kain grey biasa digunakan sebagai material utama baju batik pria sehingga Anda dapat menggunakannya saat acara resmi.

4Kain Sutra

Jenis kain terakhir yang biasanya digunakan untuk membuat baju batik pria adalah kain sutra. Kain ini tergolong kain yang paling baik jika dibandingkan dengan kain lainnya.

Karena, baju batik pria yang terbuat dari kain sutra umumnya memiliki serat yang begitu lembut dan sejuk ketika digunakan. Tak hanya itu, baju batik pria dari kain sutra juga umumnya ditawarkan dengan harga yang relatif mahal sehingga membuat penggunanya akan lebih bangga ketika menggunakannya.

Baju batik yang terbuat dari kain sutra sangat cocok untuk digunakan pada acara resmi dan Anda wajib memilikinya di dalam lemari Anda.

Penggunaan batik untuk acara resmi seakan telah menjadi budaya di Indonesia. Pastikan Anda mendapatkan baju batik dengan motif yang sesuai dengan postur tubuh Anda di Matahari Mall.

Karena, dengan menggunakan baju batik tersebut, Anda akan terlihat lebih elegan dan juga berbudaya mengingat batik merupakan salah satu warisan negara Indonesia.