Mendengar kata membuat akta kelahiran sepertinya secara otomatis akan membuat angan sahabat mampoo yang baru atau akan memiliki anak sudah membayangkan ribetnya cara membuat akata kelahiran bagi buah hati mereka.

Sebenarnya, membuat akta kelahiran untuk buah hati yan baru lahir tidaklah terlalu rumit, asalkan sahabat Mampoo telah paham jalur-jalur dan persyaratan yang harus dipenuhi dalam membuat akta kelahiran untuk anak.

Akta Kelahiran adalah

Tetapi sebelum membahas mengenai cara membuat akta kelahiran dan manfaat akta kelahiran, alangkah lebih baiknya juga jika sahabat Mampoo mengetahui apa sih sebenarnya akta kelahiran itu?

Akta kelahiran adalah Bukti Sah mengenai Status dan Peristiwa Kelahiran Seseorang yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Bayi yang dilaporkan kelahirannya akan terdaftar dalam Kartu Keluarga dan diberi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai Dasar untuk Memperoleh Pelayanan Masyarakat Lainnya.

Manfaat akta kelahiran

Lalu apakah pentingnya manfaat memiliki akta kelahiran bagi buah hati sahabat Mampoo yang sudah berkeluarga?

Seperti yang sudah dijelaskan di pengertian Akta Kelahiran, Akta kelahiran merupakan salah satu surat penting yang berguna untuk mengurus beberapa keperluan si kecil nantinya. Tak hanya untuk urusan pendaftaran sekolah, tetapi beberapa keperluan ini juga membutuhkan akta kelahiran.

1. Syarat pendaftaran sekolah
Salah satu manfaat akta kelahiran yang kerap dirasakan manfaatnya adalah untuk mengurus pendaftaran sekolah.
Hampir semua sekolah di Indonesia mewajibkan calon siswanya untuk melampirkan akta kelahiran saat mendaftar sekolah.
Nah, kebayangkan bagaimana susahnya mendapatkan sekolah jika si kecil tidak memiliki akta kelahiran.

2. Melamar pekerjaan
Manfaat akta kelahiran lainnya adalah dipergunakan untuk melamar pekerjaan.
Biasanya, beberapa instansi pemerintah mewajibkan menyertakan akta kelahiran sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan di posisi yang akan akan dilamar.

3. Tunjangan keluarga
Bagi sahabat Mampoo yang saat ini sudah bekerja, manfaat akta kelahiran yang lain biasanya adalah untuk bisa mencairkan tunjangan keluarga, khususnya untuk anak yang baru lahir tersebut.

4. Menikah
Nah ini yang penting buat sahabat Mampoo yang saat ini belum menikah.
Salah satu manfaat akta kelahiran adalah sebagai salah satu syarat sah untuk mengurus pernikahan.

Nah, sekarang sudah semakin paham bukan, pentingnya manfaat memiliki akta kelahiran.
Sekarang lanjut ke bagaimana cara mengurus akta kelahiran untuk buah hati tercinta.

Sebelum sahabat Mampoo terlalu bersemangat mengurus akta kelahiran dengan datang langsung ke kantor Dispenduk (Dinas kependudukan) setempat, adalah lebih baik jika sahabat mampoo mengurus segala keperluannya di tingkat paling bawah terlebih dahulu yaitu di tingkat RT/RW.

Kenapa kok harus ke RT/RW terlebih dahulu?
Karena salah syarat untuk mengurus Akta Kelahiran adalah nama anak harus masuk terlebih dahulu ke Kartu Keluarga (KK), dan yang berhak mengeluarkan surat pengantar untuk penambahan anggota keluarga baru adalah di tingkat RT/RW.

Nah, supaya lebih jelas, seperti ini langkah-langkah mengurus akta kelahiran anak:

1. RT/RW
Datanglah ke Ketua RT tempat tinggal sahabat Mampoo. Utarakan niat untuk menambah anggota keluarga di Kartu Keluarga.
Pihak RT kemudian akan megeluarkan surat pengantar ke kelurahan dan blanko Kartu Keluarga yang wajib diisi oleh sahabat Mampoo.
Setelah itu sahkan surat pengantar tersebut ke RT dan RW.

2. Kelurahan
Langkah berikutnya untuk mengurus Akta Kelahiran adalah dengan datang ke Kantor Kelurahan.
Serahkan surat pengantar yang telah diurus di RT/RW dan kemudian pihak Kelurahan akan menerbitkan surat pengantar menerbitkan Kartu Keluarga baru di tingkat Kecamatan.

Yang perlu disiapkan saat ada datang ke Kantor Kelurahan adalah Kartu Keluarga lama, Surat Pengantar dari RT/RW dan Surat keterangan lahir dari pihak bidan atau Rumah Sakit.

3. Kecamatan.
Serahkan semua surat pengantar dari pihak Kelurahan ke pihak Kecamatan.
Biasanya di Kecamatan ini juga telah ada perwakilan Dinas Kependudukan. Jika memang ada, sahabat Mampoo akan sangat terbantu, karena tidak perlu melanjutkan ke kantor Dinas Kependudukan.
Tetapi jika belum ada, maka sahabat Mampoo perlu melanjutkan ke Kantor Dinas Kependudukan.

4. Dinas Kependudukan.
Serahkan surat pengantar dari Kecamatan tentang penerbitan Kartu Keluarga baru yang telah ada nama anak yang akan diuruskan akta kelahirannya.
Setelah semua berkas diserahkan ke bagian penerbitan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan, sahabat mampoo perlu menunggu selama beberapa hari (biasanya 10 hari) untuk dapat menerima Kartu Keluarga yang baru.

5. Akta Kelahiran
Setelah Kartu Keluarga yang terbaru dengan ada nama anak yang baru dilahirkan sudah tercantum, sahabat Mampoo kemudian dapat melanjutkan ke proses mengurus akta kelahiran.

Dalam mengurus akta kelahiran ini ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan terlebih dahulu.

Bagi Warga Negara Indonesia
Berikut ini dokumen yang harus dipersiapkan oleh Warga Negara Indonesia yang akan mengurus akta kelahiran anak:
– Surat Keterangan Kelahiran asli dari Dokter, Bidan atau Rumah Sakit bersalin.
– Surat Keterangan Kelahiran (asli) disertai dengan mencantumkan nama dan identitas dua orang saksi disertai fotocopynya.
– Fotocopy Buku Nikah / Akta Nikah orang tua yang sudah dilegalisir oleh KUA. KUA boleh di daerah tempat tinggal atau KUA tempat melangsungkan pernikahan.
– Fotocopy Kartu Keluarga terbaru dan Kartu Tanda Penduduk kedua orang tua.
– Surat Pernyataan Data Benar yang ditandatangani di atas materai Rp 6000,-

Bagi warga Negara Asing
Semua dokumen tersebut di atas ditambah
– Foto copy Surat ketarangan tempat tinggal bagi orang asing yang memiliki ijin tinggal terbatas.
– Foto copy Visa dan passport bagi yang memiliki ijin kunjungan.
– Surat keterangan kelahiran dari Desa
– Surat keterangan kelahiran dari imingrasi (Asli)

Semua syarat tersebut wajib sahabat Mampoo ketahui terlebih dahulu sebelum datang ke Dinas Kependudukan setempat, karena kalau tidak, sahabat Mampoo akan bolak-balik datang ke Dinas Kependudukan yang ujung-ujungnya akan menguras waktu dan tenaga.