Mengenal Grime, Aliran Musik Mirip Hip-Hop

  • Grime adalah aliran musik sejenis hip hop
  • Perbedaan grime dengan hip hop adalah Jika hip-hop dan rap berasal dari Amerika Serikat, tentu saja menampilkan budaya khas AS. Sedangkan grime yang berasal dari London
  • Musisi aliran Grime adalah Wiley, Dizzee Rascal, Lethal Bizzle, dan Kano

178
views
Mengenal aliran musik Grime
Mengenal aliran musik Grime

Di antara banyaknya genre musik saat ini mulai dari rock, pop, hip hop, atau lainnya, ternyata ada beberapa genre musik yang baru hadir. Salah satunya adalah grime.

Grime adalah music yang berasal dari Inggris, yaitu London Timur. Genre music ini sendiri sebenarnya mulai muncul pada awal tahun 2000an. Awalnya, jenis musik ini dilabeli sebagai genre 8-beat, sublow – karena frekuensi bassnya hanya berkisar pada 40 Hz, nu shape, dan eskibeat. Eskibeat ini lahir karena salah satu penggagas grime, Wiley, yang memiliki nama panggung Eskiboy.

Asal mula aliran Grime yang mirip musik Hip Hop

Pada dasarnya, aliran musik ini berakar dari genre UK Garage, electronic, dan dancehall. Musik utamanya memiliki tema yang cukup gelap, karena dipengaruhi oleh genre UK Garage. Ada beberapa orang yang menyebut jika jenis musik ini adalah music turunan dari hip-hop. Sekilas memang mirip, karena dalam perkembangannya, jenis musik ini mengambil elemen dari genre sejenis hip-hop, rap, juga dubstep.

Siapakah musisi yang mengusung music grime? Ada beberapa musisi yang mempopulerkan musi grime seperti Wiley, Dizzee Rascal, Lethal Bizzle, dan Kano. Namun ternyata music grime ini baru terkenal di dunia sekitar pada tahun 2015.

Meskipun sekilas terdengar sama dengan hip-hop, namun jika didengarkan, jenis musik ini memiliki perbedaan, yaitu memiliki beat yang lebih cepat daripada rap atau hip-hop. Sama dengan rap, aliran musik inipun berfokus pada lirik dengan background musik bertempo cepat.

Perbedaan lainnya grime ini biasanya bertema lebih dingin, kejam, dan gelap bila dibandingkan dengan rap dan hip-hop. Lirik dalam music grime ini biasanya dipikirkan matang-matang sebelumnya agar bisa dicocokkan dengan beat background. Beda dengan rap yang bisa dimunculkan mendadak sebagai improvisasi.

Satu perbedaan yang cukup signifikan adalah perbedaan budaya. Jika hip-hop dan rap berasal dari Amerika Serikat, tentu saja menampilkan budaya khas AS. Sedangkan grime yang berasal dari London, tentu menampilkan budaya yang ada di Inggris.

Dengarkan musik grime pada soundbar agar suaranya terdengar lebih jernih dan berkelas. Brand soundbar Panasonic menawarkan soundbar dengan kualitas suara yang mengagumkan dan desain yang stylish. Sangat cocok untuk Anda yang memiliki selera musik yang berkelas.