Menikmati Hamparan Pasir Putih Pulau Samalona

38
views
Pulau Samalona
Pulau Samalona Sumber: instagram.com/wisatamakassar

Makassar adalah salah satu kota di timur Indonesia yang ternyata banyak menyimpan wisata alam yang indah. Di Makassar kamu bakal menemukan banyak tempat wisata yang menarik. Kota Makassar dulu bernama Ujung Pandang, dan berubah menjadi Makassar sejak tahun 1991.Kota ini merupakan ibukota Provinsi Sulawesi Selatan.

Makassar merupakan kota Metropolitan yang memiliki perkembangan yang sangat pesat. Ada berbagai suku yang hidup di kota ini, ada sukuToraja, Bugis, Jawa, Buton, dan Tionghoa. Selain beragam suku, Makassar juga memiliki makanan khas yang terkenal yaitu Coto Makassar, Jalangkote, Roti Maros, PisangIjo, dan Sop Konro.

Jika kamu berkunjung ke Kota Makassar dan ingin menjajal kuliner khasnya, sebaiknya kamu memilih hotel yang berada di pusat kota. Kamu bisa pesan hotel di Makassar melalui situs booking hotel seperti Reservasi.com.

Pulau Samalona Makassar Sulawesi Selatan

Kota Makassar banyak menawarkan beragam wisata, salah satu yang bisa kamu kunjungi Pulau Samalona. Pulau ini memiliki keindahan yang tentunya jauh lebih indah dari Pantai Losari. Jika kamu ke Makassar jangan lupa untuk berkunjung ke Pulau Samalona. Air di pulau ini sangat terkenal kejernihannya sehingga kamu bisa melihat pemandangan bawah laut dengan bebas.Terumbu karang dan beragam ikan di dalamnya juga masih terjaga dengan baik.

Transportasi menuju pulau ini terbilang cukup mudah. Namun untuk sampai di Makassar, sebaiknya kamu memilih tiket pesawat Garuda promo untuk dapat harga termurah. Sesampainya di Makassar perjalanan menuju pulau ini dilanjutkan dengan menggunakan perahu motor dengan jarak sekitar 2 km.

Harga sewa Perahu menuju Pulau Samalona

Jasa penyewaan perahu motor bisa kamu temukan di dermaga Kota Makassar, tidak jauh dari Pantai Losari. Dermaga ini bernama Dermaga Kayu Bangkoa. Tapi jangan kaget kalau lalu lintas di dermaga tersebut sangat ramai, karena memang dermaga ini tidak hanya melayani wisatawan yang ingin menuju pulau, tetapi juga sebagai penghubung antar pulau dan tempat perdagangan.

Semakin kamu pandai menawar harga sewa perahu, kamu akan mendapatkan harga yang sesuai keinginanmu. Jika kamu menyewa perahu secara penuh biasanya kamu dikenakan biaya sekitar Rp 500.000. Ada baiknya kamu menyewa perahu secara kolektif atau rombongan agar biaya yang dikeluarkan lebih ringan.Satu perahu motor mampu menampung hingga 10 orang.

Perjalanan menuju Pulau Samalona dari dermaga Kota Makassar hanya memakan waktu 30 menit.Saat tiba di Pulau Samalona kamu akan disambut dengan hamparan pasir putih dan air laut yang sangat jernih. Kamu juga dapat melihat terumbu karang dari atas perahu.Terumbu karang di PulauSamalona masih sangat terjaga kelestariannya.

Berlibur ke Pulau Samalona membutuhkan banyak persiapan, kamu bisa menyiapkan perbekalan air minum dan makanan ringan dari rumah karena harga makanan di Pulau Samalona cukup mahal. Selain itu kamu juga harus menyiapkan tiket pesawat dengan rute menuju Makassar. Akan sangat beruntung jika kamu mendapat tiket pesawat Garuda promo. Liburanmu terasa ringan karena mendapatkan potongan harga.

Harga sewa alat snorkeling di Pulau Samalona

Pulau Samalona memang pulau yang tak begitu besar.Luas pulau ini hanya sekitar 2 hektar. Meskipun pulau ini terbilang kecil, ada berbagai fasilitas yang dapat kamu temukan di pulau ini, diantaranya penginapan, toilet dan warung-warung.Di pulau ini juga ada jasa penyedia alat-alat diving dan snorkeling, kamu juga bisa menyewa pemandu wisata sekaligus. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk menyewa alat-alat snorkeling sekitar Rp 50.000-Rp. 100.000.
Melakukan snorkeling di Pulau Samalona akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan buatmu, sebab pemandangan bawah laut pulau ini sangat indah sehingga cukup terkenal di kalangan wisatawan.

Tempat ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal, namun wisatawan mancanegara banyak yang mengunjungi pulau ini. Memang tawaran keindahan alam yang dihadirkan mampu membius siapa saja yang datang.

Hamparan pasirputih yang luas dan ombak yang tak terlalu besar akan membuat kamu betah untuk berlama-lama bermain air di Pulau Samalona. Kamu bisa bermain pasir putih yang halus atau hanya berjemur disekitar pantai. Liburan ke Pulau Samalona akan menjadi kenyataan jika tiket pesawat Garuda promo menuju Makassar sudah ada di tangan. Maka dari itu, kamu bisa segera mengagendakan liburanmu ke Makassar.

Beragam aktivitas yang kamu lakukan di pulau ini bakal membuat perut kamu lapar, namun kamu tak perlu khawatir. Kamu bisa mampir di kedai-kedai pinggir pantai yang menjual beragam makanan khas Kota Makassar. Di sana kamu akan menemukan banyak olahan makanan khas pesisir seperti ikan dan kepiting bakar.

Harga hotel di Makassar

Pengunjung yang ingin menginap di Pulau Samalona bisa memanfaatkan penginapan seperti villa, kamar dan rumah panggung. Harga penginapan di Pulau Samalona berkisar Rp 250.000 sampai Rp 500.000. Kamu juga bisa pesan hotel di Makassar lewat Reservasi.com jika tak ingin bermalam di dalam pulau.

Jadi sudah bersiap untuk liburan ke Pulau Samalona yang memiliki banyak daya tarik ini?

Segera saja cari tanggal merah atau persiapkan weekend mu ke pulau pribadi ini. Mengajak dan berlibur dengan orang terdekat tentu akan lebih menyenangkan, selain itu biaya sewa transportasi maupun penginapan bisa lebih murah. Jadi mau berliburke Pulau Samalona dengan siapa?

Berita Terkait