Menjajal Serunya Wisata Island Hopping di Lombok

30
views
Wisata Island Hopping di Lombok
Wisata Island Hopping di Lombok. sumber : tribunnews.com

Island hopping merupakan istilah yang sering digunakan untuk kegiatan mengunjungi pulau-pulau kecil yang memiliki jarak berdekatan. Sebagai negara kepulauan terbesar, Indonesia banyak memiliki gugusan kepulauan kecil yang indah dan menarik, tidak heran jika kegiatan ini menjadi tren baru di kalangan para pelancong.

Aktivitas wisata semacam ini juga merupakan salah satu alternatif dalam menikmati wisata alam yang ada di Pulau Lombok. Pulau Lombok sendiri juga memiliki gugusan kepulauan kecil yang terkenal dengan nama Tiga Gili atau Kepulauan Gili. Gili sendiri dalam bahasa Suku Sasak berarti pulau kecil. Tiga gili yang terkenal dan sering dijadikan destinasi islandhopping adalah Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.

1Gili Trawangan

Merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang banyak dikunjungi wisatawan dan juga menjadi gili terbesar di antara tiga gili lainnya. Pulau yang dulunya merupakan kampung nelayan ini kini berubah menjadi objek wisata kelas dunia yang menawarkan berbagai macam destinasi menarik.

Di Gili Trawangan, wisatawan dapat menikmati keindahan sunrise dengan latar belakang Gunung Rinjani yang sangat elok atau melihat sunsetdengan latar belakang Gunung Agung di Bali yang tidak kalah menakjubkannya, menengok kehidupan bawah air dengan ber-snorkeling atau menyelam, hingga berjalan-jalan mengelilingi pulau dengan menggunakan sepeda.

2Gili Air

Dari tiga gili yang ada, Gili Air merupakan yang paling dekat dengan Pulau Lombok. Meskipun namanya sudah terkenal hingga mancanegara, tetapi Gili Air belum terlalu ramai dibandingkan dengan dua gili lainnya. Sehingga, Gili Air menjadi tempat yang cocok untuk beristirahat dan menenangkan diri.

Selain itu, sama dengan Gili Trawangan, Gili Air juga memiliki spot menyelam yang sangat bagus. Air laut yang jernih juga semakin membuat betah berlama-lama di pulau tersebut.

3Gili Meno

Berjarak satu kilometer dari Gili Trawangan dan berada di tengah-tengah antara Gili Trawangan dan Gili Air, Gili Meno merupakan pulau terkecil di antara tiga gili lainnya. Oleh karena itu, wisatawan dapat mengelilingi Gili Meno hanya dengan berjalan kaki dengan menghabiskan waktu kurang lebih selama dua jam. Jika malas berjalan kaki, tersedia juga cidomo, kereta kuda mirip delman, yang bisa disewa untuk berkeliling pulau. Gili Meno juga terkenal karena sering digunakan sebagai tempat berbulan madu para pasangan pengantin baru.

Karena island hopping biasanya dibatasi dengan waktu yang singkat, jadi sebaiknya tentukan telerbih dahulu tujuan kalian saat akan mendatangi masing-masing gili atau bisa juga mengikuti paket tur island hoping yang biasa ditawarkan oleh agen-agen perjalanan tertentu.

Jika kalian hanya mengambil paket wisata island hopping saja dan tidak mengambil paket penginapan, hotel murah di Lombok dapat menjadi pilihan utama untuk menginap. Salah satu penginapan terjangkau dan berkualitas yang ada di Lombok adalah jaringan hotel dan penginapan terbesar di Indonesia.

hotel airy
hotel airy

Hotel-hotel Airy sudah dikenal memiliki jaminan fasilitas yang mumpuni. Kelengkapan fasilitas tersebut, seperti perlengkapan mandi yang komplet, air hangat untuk mandi, tempat tidur yang rapi, nyaman, dan bersih, tersedianya air minum di setiap kamar, pendingin ruangan, akses internet gratis, serta TV dengan puluhan saluran dari dalam dan luar negeri.

Pilihan pembayaran hotel juga semakin mudah. Pembayaran bisa dilakukan lewat kartu kredit atau transfer antar bank. Sebelum bepergian ke Lombok, pasang terlebih dahulu aplikasinya yang bisa diunduh melalui Google Play Store atau Apple App Store, setelah terpasang pemesanan hotel sudah bisa dilakukan lewat aplikasi tersebut. Bisa juga pesan langsung lewat website.