Rumor mengatakan bahwa ketika Microsoft mengenalkan teknologi SmartGlass itu berarti Microsoft juga tengah bersiap untuk masuk ke pangsa pasar konsol game kecil layaknya Nintendo Wii U.

Menurut rumor yang berkembang, Microsoft saat ini tengah melakukan tes hardware untuk persiapan produk terbaru mereka. Microsoft dikabarkan akan merombak tablet Surface 7 inchi mereka menjadi salah satu konsol game, dan akan menyematkan nama XBox yang telah dikenal sebagai konsol game handal di produk konsol game terbaru tersebut. Diperkirakan konsol game terbaru Microsoft tersebut akan diberi nama XBox Surface, hasil perpaduan antara kehandalan XBox dengan tablet Surface.

Menurut GSM Arena, Xbox Surface yang akan berbentuk tablet sekaligus “stationary computing device” ini akan memiliki spesifikasi ukuran layar 7″ dengan resolusi 720p, RAM 288MB, bluetooth, WiFi, dan slot memory SD Card, Ethernet Port, HDMI TV-outs dan optical S/PDIFF
Serta dibekali dengan prosesor IBM POWER7 SCMs with six cores clocked at 3.1GHz, internal memoary 5GB, GPU AMD 1,2GB, mendukung DirectX.11, dan hard disk. 250GB 2.5″ 10.000 RPM.
Sebagai kontrol game, peralatan ini telah dilengkapi 4x USB 3.0

Jika benar Microsoft akan segera merilis XBox Surface ini, maka pangsa pasar dari Nintendo Wii U dipastikan akan goyah.