air perasan jeruk nipis bagus untuk kesehatan otak
air perasan jeruk nipis bagus untuk kesehatan otak

Jeruk nipis meskipun rasanya sangat masam, namun memiliki manfaat yang sangat bagus untuk tubuh manusia yang terdiri dari 60 persen air.

Kandungan jeruk nipis yang kaya akan vitamin A, vitamin C asam folat dan zat besi bisa membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas atau bahan-bahan kimia lain yang dapat membahayakan sel-sel tubuh.

Tak hanya itu saja, seperti yang dilansir oleh idntimes.com (12/10/2017), jeruk nipis yang juga kaya akan kandungan magnesium dan potasium juga akan membuat sistem otak akan berfungsi maksimal.

Seperti yang dilansir oleh doktersehat.com, orang yang kekurangan magnesium akan mengalami reaksi kimia pada otak yang berimbas pada munculnya masalah migrain pada otak.

Sedangkan potasium seperti yang dilansir oleh manfaat.co.id memiliki fungsi untuk mencegah dehidrasi. Jika tubuh tidak mengalami dehidrasi tentu kita akan mampu fokus lebih baik lagi karena kita memiliki energi yang cukup.

Zat potasium juga dapat melancarkan masuknya oksigen dengan jumlah yang banyak pada peredaran darah dan pembuluh darah di seputar jaringan kepala, khususnya bagian otak. Dengan demikian sel-sel otak akan dapat semakin berfungsi dan bekerja lebih baik dan dapat merespon secara cepat dalam menangkap informasi yang disampaikan oleh saraf saraf tubuh.

Lalu bagaimanakah cara agar dapat lebih cerdas setelah minum air perasan jeruk nipis tersebut?

1. Untuk meminum airnya, sediakan terlebih dahulu air hangat dalam satu gelas.
2. Kemudian iris jeruk nipis menjadi dua bagian.
3. Peras salah satu jeruk nipis yang telah menjadi dua tersebut dan air perasannya letakkan di gelas yang berisi air hangat yang telah disediakan sebelumnya
4. Aduk air perasan jeruk nipis yang telah ada di gelas air hangat
5. Sambil mengaduk, buang biji jeruk nipis yang mungkin ikut masuk ke dalam gelas
6. Minum air perasan jeruk nipis yang masih hangat tersebut tanpa diberikan tambahan gula atau lainnya.
7. Manfaat minum air perasan jeruk nipis bisa dirasakan langsung setelah melakukannya setiap pagi selama kurang lebih 2-3 minggu.

Ketahui juga manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh di sini