Pintu masuk museum Mpu Purwa Malang
Pintu masuk museum Mpu Purwa ini berukuran besar

Berbicara mengenai museum, tentu akan langsung terbayang tempat yang membosankan dan kurang terawat.\

Kesan tersebut akan langsung hilang ketika anda mengunjungi museum Mpu Purwa yang ada di Kota Malang, tepatnya di Jl. Soekarno Hatta Perumahan Griya Santa Blk. B No.210, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65141.

Meskipun lokasi Mpu Purwa ini agak menjorok masuk dari jalan utama Soekarno Hatta Malang dan berada di komplek salah satu perumahan di Kota Malang, namun museum ini berdiri di lahan yang lumayan luas dan poin plus yang lainnya adalah memiliki bangunan luar yang sudah berarsitektur modern.

Pintu utama masuk ke Museum Mpu Purwa tidak terlalu jauh dari tempat parkir,hal ini tentu sangat memudahkan pengunjung museum untuk dapat langsung masuk ke museum.

Namun sebelum berjalan ke dalam museum yang terdiri dari dua lantai ini, pengunjung diharuskan mengisi buku tamu terlebih dahulu. Jangan khawatir, di meja penerima tamu ini hanya perlu menuliskan data diri dan jumlah rombongan saja tanpa perlu membayar tiket masuk musem.

Memasuki ruang dalam museum, Anda akan dapat melihat koleksi-koleksi museum Mpu Purwa ini menyimpan berbagai macam patung peninggalan kerajaan Singosari yang berhasil ditemukan di sekitaran Kota Malang.

Di bagian bawah setiap patung, telah ada keterangan sejarah yang mencatat asal muasal penemuan dan maksud dibuatnya patung tersebut.

Jika anda kurang puas dengan keterangan yang tertulis di bagian bawah patung, anda dapat menggunakan hp dan memakai fitur aplikasi scan QR Code untuk men-scan kode QR yang telah terpasang di bagian keterangan patung-patung tersebut. Canggihkan?

QR Code di Koleksi Museum Mpu Purwa Malang
QR Code di Koleksi Museum Mpu Purwa Malang

Jika belum memiliki aplikasi scan QR Code, silahkan download terlebih dahulu di Google Play Store untuk pengguna hp android atau ke App store untuk Anda yang menggunakan iPhone.

Di lantai dua museum Mpu Purwa Malang, koleksinya dikemas dengan lebih apik dan interaktif, yang sangat menunjang sebagai sarana pendidikan sejarah bagi anak-anak.

Tempat favorit bagi pengunjung Museum Mpu Purwa ini adalah melihat diorama sosok yang Mampoo yakini sebagai pendiri kerajaan Majapahit yang meminta restu kepada salah satu resi.

Diorama Museum Mpu Purwa
Diorama Museum Mpu Purwa

Di bagian lantai 2 yang lain juga terpajang diorama sejarah kerajaan Singosari. Mulai dari penculikan Ken Dedes oleh Tunggul Ametung, bertahtanya Ken Arok, ekspansi kerajaan Singosari hingga Malaka dan runtuhnya kerajaan Singosari yang diiringi berdirinya Kerajaan Majapahit.

Kondisi Lantai 2 Museum Mpu Purwa Malang
Kondisi Lantai 2 Museum Mpu Purwa Malang

Waktu yang dihabiskan untuk berkunjung ke museum ini berkisar antara 30-45 menit. Tetapi akan menjadi sangat lama jika Anda termasuk orang yang menggemari sejarah kejayaan nusantara, karena keterangan panjang yang disajikan oleh pihak pengelola museum mampu membuat imajinasi anda bermain.