NASA Kembangkan Teknologi Ban Super Elastis Untuk Masa Depan

Ban Super Elastis NASA
Ban Super Elastis NASA

NASA Kembangkan Teknologi Ban Super Elastis Untuk Masa Depan

NASA, memamerkan ban untuk kendaraan yang bisa digunakan sebagai ban kendaraan di masa depan.

Berbeda dengan ban yang telah berkembang saat ini yang terbuat dari karet, ban buatan NASA ini menggunakan teknologi tinggi karena menggunakan bahan dengan komposisi nickel titanium.

1Kelebihan ban superelastis teknologi tinggi buatan NASA

Pada video yang telah di post oleh CNET melalui akun Twitter @CNET, ban teknologi tinggi buatan NASA ini telah diujicobakan pada sebuah mobil SUV. Memang sih dalam video singkat tersebut, tidak terlihat bagaimana mobil SUV tersebut melewati medan yang sangat berat.

Memang, ban teknologi tinggi tersebut belum akan digunakan untuk mobil – mobil komersial. NASA akan menggunakan ban teknologi tinggi yang terbuat dari komposisi nickel titanium tersebut untuk misi pendaratan ke planet Mars pada tahun 2020 mendatang.

Dalam video tersebut juga diperlihatkan, bagaimana kekuatan ban teknologi tinggi NASA tersebut melibas jalan yang terdiri dari batu-batu tajam.

Ban tersebut seakan tidak mengalami cacat ataupun robek karena ban tersebut mampu meredam dan menyesuaikan dengan kontur medan bebatuan yang dilewatinya.

Tak heran jika NASA kemudian menamakan ban teknologi tingginya ini sebagai ban super elastis.

2Ban Super Elastis untuk misi pendaratan di Mars

Teknologi ini merupakan evolusi terbaru dari Spring Tire yang diciptakan oleh NASA Glenn dan Goodyear, dan terinspirasi oleh ban Apollo yang lunar.

Penggunaan baru paduan memori bentuk yang mampu mengalami regangan tinggi sebagai komponen bantalan beban, bukan bahan elastis yang khas, menghasilkan ban yang dapat menahan deformasi berlebihan tanpa kerusakan permanen dan juga dapat meningkatkan kapasitas angkut beban ban.

Ban Super Elastis menawarkan traksi yang sama atau lebih unggul daripada ban pneumatik konvensional dan menghilangkan kemungkinan kegagalan tusukan, sehingga meningkatkan keselamatan mobil.

Desain ban ini juga menghilangkan kebutuhan untuk bingkai bagian dalam yang menyederhanakan dan mencerahkan perakitan ban / roda

3Menjadi ban masa depan

Komposisi ban tersebut memang belum sepenuhnya terlihat, tetapi jika dilihat sekilas, kemampuan ban tersebut memang sangat luar biasa.

Mungkin saja jika diproduksi massal dan diterapkan di mobil-mobil komersial yang ada saat ini, ban tersebut akan mampu memberikan jaminan kenyamanan dan keselamatan yang tinggi. Terlebih lagi jika digunakan untuk mobil-mobil offroad dan SUV yang digunakan untuk menjelajah pedalaman.

Namun tak menutup juga untuk diterapkan di jenis-jenis mobil lainnya, karena seperti yang telah dijelaskan oleh NASA, ban super elastis ini menawarkan kekuatan, dan keamanan yang akan lebih menjamin keselamatan penumpang.

4Video Ban Super Elastis yang canggih dari NASA