Pabrik Chevrolet Spin Hanya Bertahan Sampai Pertengahan Tahun 2015

152
views
Chevrolet Spin
Chevrolet Spin

Semua yang berhubungan dengan Chevrolet saat ini sedang sedih, gelisah dan galau, terutama para pemilik Chevrolet Spin. Bagaimana tidak, General Motors Asia Tenggara telah mencapai kata sepakat bahwa pabrik General Motors Indonesia yang saat ini digunakan untuk memproduksi Chevrolet Spin yang berada di kawasan Pondok Ungu, Bekasi akan ditutup pada tanggal 30 Juni 2015 mendatang.

Tak pelak kabar ini membuat seluruh jajaran karyawan khususnya staf produksi di pabrik GM Indonesia yang baru dibangkitkan dari tidur panjangnya dua tahun lalu ini gelisah. Bahkan seperti yang dilaporkan oleh Detik.com, semangat bekerja karyawan pabrik GM Indonesia yang saat ini sedang memproduksi Chevrolet Spin langsung hilang. Sebelum diumumkan pabrik akan ditutup, proses produksi masih berjalan dengan normal dan bagus-bagusnya. Tapi sejak ada pengumuman otomatis semua karyawan dan buruh pabrik kaget dan hilang semangat kerjanya.
Bahkan sebelum adanya pengumuman ditutup, produksi Chevrolet Spin sempat mencapai dua shift saat pesanan Chevrolet Spin meningkat tajam, namun saat ini produksi mobil low MPV andalan Chevrolet ini menjadi satu shift kembali.

Chevrolet Spin
Chevrolet Spin

Lalu apakah penyebab jatuhnya GM Indonesia ini?

Menurut ulasan dari DapurPacu.com, jatuhnya General Motors Indonesia ini adalah tak lain adalah karena kesalahan strategi dari pihak General Motors Asia Tenggara. Mulai terlalu terburu-buru mengganti jajaran The Winning Team General Motors Indonesia yang mampu membawa mobil-mobil Chevrolet masuk ke jajaran 12 besar dari 30 besar di industri otomotif Indonesia hingga inefisiensi dari pihak manajemen sendiri.

General Motors yang telah berusaha bangkit dari keterpurukan, kembali melakukan investasi yang cukup besar untuk membangunkan pabrik mereka di Pondok Ungu, setelah tertidur sejak tahun 1995 dan terakhir digunakan untuk memproduksi Chevrolet/Opel Blazer.
Dengan dana USD 150 juta, General Motors menyuntik pabrik mereka di Indonesia untuk berjalan dengan memproduksi mobil baru andalan mereka di segmen low MPV yang memang sangat gemuk. Chevrolet Spin berusaha menggoyahkan pasar yang saat itu telah dimiliki oleh beberapa merk dengan tipe-tipe yang sangat kuat seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Nissan Grand Livina.
Di saat Chevrolet Spin masuk ke pasar, Honda pun ternyata juga kemudian meluncurkan seri Low MPV mereka, yaitu Honda Mobilio.
Jadilah Chevrolet Spin harus bertarung dengan raksaksa-raksaksa otomotif Jepang yang mempunyai brand image terlalu kuat di Indonesia.

Hanya dua tahun sejak General Motors Indonesia membangkitkan kembali pabrik mereka, ternyata pil pahit harus kembali mereka telan dengan harus mengambil keputusan untuk menutup lini pabrik Chevrolet Spin di Bekasi tersebut.

Kini banyak pengguna Chevrolet Spin yang bertanya-tanya. Rata-rata mereka menanyakan mengenai komitmen General Motors untuk ketersediaan suku cadang bagi Chevrolet Spin yang mereka kendarai. Dan apakah nantinya harga suku cadang Chevrolet Spin tersebut juga akan mengalami kenaikan.

Ketika Mampoo ikuti timeline Facebook Chevrolet Indonesia yang saat ini masih gencar mempromosikan Chevrolet Spin, ternyata banyak calon pembeli yang menjadi ragu untuk membeli Chevrolet Spin. Seperti contohnya seorang calon pembeli dengan akun Johannes Setiawan bahkan sempat mendesak pihak Chevrolet untuk menjelaskan mengenai nasib Chevrolet Spin di Indonesia. Namun jawaban dari admin Chevrolet Indonesia terkesan teknis saja bahwa mereka akan berusaha untuk terus membantu dan memenuhi kebutuhan suku cadang Chevrolet Spin di Indonesia.

Semoga keputusan General Motors Asia Tenggara untuk menutup pabrik mereka di Bekasi ini bukanlah tindakan yang terlalu terburu-buru kembali, seperti halnya pada saat mereka yang terlalu terburu-buru bangkit dengan mengganti The Winning Team yang mampu mengerek brand Chevrolet menjadi lebih dikenal dengan orang-orang yang justru tidak mengetahui seluk beluk industri otomotif di Indonesia.

Tulisan ini dibuat oleh Mampoo.com karena Mampoo termasuk salah satu pecinta produk Chevrolet. Sejak era Chevrolet Zafira, Chevrolet Optra, Chevrolet Captiva hingga Chevrolet Spin.

Berita Terkait
  • Harga Chevrolet Spin Bekas Tahun 2013 Turun Drastis Jadi Rp 120 Jutaan