Perhatikan Kondisi Ini Ketika Mudik Lewat Jalur Tol Cipali

163
views

Masalah kemacetan jalur pantura ketika mudik sedikitnya akan dapat teratasi dengan telah dibukanya jalur tol Cikopo – Palimanan atau yang biasa dikenal dengan tol Cipali.

Tol Cipali merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia (116 Km). Dengan jalan sepanjang tersebut dan kondisi jalan yang monoton akan membuat pengemudi kendaraan cepat terasa jenuh dan mudah menimbulkan rasa kantuk.

Namun terlepas dari masalah yang menghinggapi pengemudi, pengemudi yang akan menggunakan jalur tol Cipali untuk mudik harus benar-benar memperhatikan kondisi kendaraannya.

Berikut ini kondisi kendaraan yang harus diperhatikan oleh pengemudi yang menggunakan jalur tol Cipali sebgai jalur mudik:

1. Cek Kondisi Ban

Jalur mudik tol Cipali jalannya masih menggunakan beton dan jalannya datar.
Dengan kondisi permukaan jalan yang kasar akan dapat mengakibatkan ban cepat menipis. Sebelum masuk tol, cek kesehatan ban, terutama kondisi tekanan angin yang harus sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan.
Untuk ukuran standar ukuran tekanan udara pada ban biasanya diletakkan di bagian dalam pintu pengemudi.

2. Air Radiator Dan Oli

Jalur mudik tol Cipali yang lurus dan lebar akan membuat pengemudi menginjak pedal gas secara konstan dan dalam kecepatan tinggi. Diperkirakan rata-rata kendaraan pribadi akan dapat melaju hingga kecepatan 120 Km/jam di jalur sepanjang 116 Km tersebut.
Kondisi tersebut akan mengakibatkan kerja mesin lebih berat dan konsumsi oli serta air radiator juga akan cepat habis.
Kondisi tersebut ditambah lagi dengan kondisi lingkungan tol Cipali yang panas dan gersang.

3. Kondisi Lampu Kendaraan

Kondisi lampu kendaraan ketika memasuki jalur mudik tol Cipali juga harus diperhatikan, terutama jika sahabat Mampoo memasuki area tol Cipali di malam hari.
Kondisi tol Cipali yang masih gelap dan minim penerangan harus dapat diatasi dengan lampu penerangan mobil yang memadai.

4. BBM

Karena masih baru, Tol Cipali belum dilengkapi dengan fasilitas SPBU seperti tol-tol lain. Untuk itu sebelum masuk ke jalur mudik Tol Cipali hendaknya sahabat Mampoo benar-benar memperhatikan kondisi tanki BBM melalui panel indikator yang ada di dashboard kendaraan.