Gambar Blackberry Z3
Blackberry Z3

Perusahaan asal Indonesia, PT. BB Merah Putih telah ditunjuk oleh Blackberry Limited untuk memproduksi dan merakit perangkat hape Blackberry bersistem operasi Android di Indonesia.
Perjanjian ini dibuat menyusul keputusan Blackberry yang menghentikan pembauatan hape Blackberry mereka sendiri dan lebih memilih menyerahkan pembuatan perangkat hardware ke perusahaan rekanan.

Blackberry Limited telah memberikan lisensi software dan layanan Blackberry kepada perusahaan asal Indonesia, PT. BB merah Putih untuk merakit dan memproduksi hape android untuk pangsa pasar Indonesia.

“BB Merah Putih akan membuat, mendistribusikan dan mempromosikan perangkat bermerek BlackBerry yang menggunakan software dan aplikasi Android BlackBerry yang aman,” demikian pernyataan resmi tertulis BlackBerry seperti yang dilansir oleh Kompas Tekno.

“Dengan bekerja sama dengan pihak ketiga seperti BB Merah Putih, BlackBerry dapat memajukan pengenalan merek perusahaan dan janji akan keamanan yang mencapai tingkat regional dan pengguna di seluruh dunia,” demikian kata CEO BlackBerry, John Chen.

Dengan menyerahkan produksi hape Blackberry ke perusahaan lokal asal Indonesia, Blackberry sekaligus telah memenuhi persyaratan pemerintah sebagai perusahaan hape dengan produksi tingkat kandungan dalam negeri yang tinggi.

Indonesia menjadi pasar yang sangat menjanjikan bagi Blackberry, sebab pengguna BBM di Indonesia adalah yang terbesar di dunia. Pada awal tahun 2016 ini pengguna aktif BBM ditaksir mencapai 55 juta orang.