Cara menonton video Youtube tanpa koneksi internet ini sangat mudah, karena pihak Google selaku pemilik Youtube menyediakan fitur yang sangat menyenangkan ini

Google selaku pemilik Youtube memperkenalkan fitur nonton video Youtube tanpa koneksi internet atau secara offline.
Layanan nonton youtube tanpa koneksi internet ini baru tersedia untuk tiga negara yang ada di Asia dan beruntungnya selain Filipina dan India, Indonesia termasuk dalam jangkauan layanan ini.

Di Indonesia sendiri, masalah nonton video di Youtube ini juga sering menjadi kendala karena terkendala kecepatan koneksi internet dan kuota internet. Dengan adanya fitur ini, setidaknya pengguna internet Indonesia yang ingin menonton video akan terbantukan dengan fitur ini.

settings youtube2

Bagaimana cara kerja nonton Youtube tanpa koneksi internet ini?

Seperti yang dijelaskan di Google Official Blog, cara kerja dari fitur nonton youtube tanpa koneksi internet ini adalah Youtube akan menyimpan file cached dari video saat pengguna masih terhubung dengan internet, kemudian cache tersebut akan disimpan dalam perangkan Android selama 48 jam kedepan, sehingga dalam kurun waktu 48 jam tersebut pengguna masih akan tetap menonton video yang sudah ditonton di Youtube secara offline atau tanpa jaringan internet.

Youtube sendiri telah memberikan penanda khusus untuk video- video yang bisa ditonton offline, yang ketika tanda tersebut di tap akan tampil pilihan kualitas video yang bisa disimpan di dalam perangkat Android.