gambar Xbox One

Liburan yang sedikit menyebalkan bagi pemilik PlayStation dan XBox One yang ingin menghabiskan waktu liburannya untuk bermain game online di konsol game PS dan XBox mereka, karena hari ini server game Sony PlayStation dan XBox Live dilaporkan sedang mengalami masalah dan bahkan sempat down.

Server Sony PlayStation dan XBox yang down ini merupakan akibat dari ulah hacker yang mengatasnamakan dirinya sebagai kelompok Lizard Squad. Lizard Squad mengumumkan pertama kali telah berhasil membobol server Sony dan XBox melalui akun Twitter mereka, bahkan kelompok ini diketahui telah beberapa kali menyerang situs game Sony PlayStation dan beberapa situs game online lainnya. Tidak itu saja, kelompok hacker ini juga mengatakan bahwa mereka telah berhasil membuat pengumuman palsu adanya bomb di pesawat yang mengangkut bos Sony Online Entertainment, John Smedley, sehingga membuat pesawat yang ditumpanginya pun mendarat darurat.

gambar Xbox One

Masalab di server Sony dan XBox ini terjadi pada saat jam 2.16 pagi hari Jumat waktu setempat, akun Twitter @XBoxSupport mengumumkan bahwa beberapa pengguna layanan XBox live saat ini tidak dapat mengakses server game mereka. Tak berapa lama kemudian Sony’s official PlayStation support mengeposkan bahwa saat ini teknisi mereka sedang berusaha keras untuk mengembalikan jaringan internet ke server mereka.

Kejadian ini merupakan pukulan sangat telak bagi Sony, karena sebelum terjadinya kasus hack di server Sony PlayStation ini, server Sony Pictures juga berhasil dibobol oleh hacker. Bahkan beberapa data penting mengenai film dan data karyawan serta email berhasil dicuri dan dipublikasikan oleh hacker. Bahkan kabar adanya Sony Xperia Z4 yang akan digunakan di film James Bond terbaru pun terungkap dari data yang dicuri oleh hacker ini.

Ulah hacker ini sekaligus sebagai aksi atas keputusan Sony yang akhirnya memutar film The Interview di beberapa bioskop pilihan di Amerika Serikat dan di secara online melalui Microsoft melalui layanan XBox Live mereka dan juga melalui YouTube dan situs seetheinterview.com

Kini menarik untuk ditunggu, jika Sony PlayStation dan Microsoft yang setuju menayangkan film The Interview ini, apakah YouTube juga akan mengalami nasib serupa?

Apakah para tim IT Google saat ini sedang sibuk untuk menangkal serangan hacker terhadap YouTube ini?
Bagaimana menurut sahabat Mampoo?