Takut Baterai Smartphone Drop, Ini Dia Cara Charge Baterai Yang Benar

561
views
Gambar Lenovo S920

Bagi pemilik smartphone, masalah baterai bisa dikatakan sebagai masalah utama. Hal ini dikarenakan baterai smartphone yang cenderung sangat cepat habis, dalam sehari saja bisa dua sampai tiga kali nge-charge baterai.

Karena seringnya nge charge ini tidak jarang banyak pemakai smartphone yang khawatir baterai mereka akan ngedrop karena terus-terusan di charge. Suatu kekhawatiran yang sangat bisa dimaklumi.

Gambar Lenovo S920

Untuk menjaga agar baterai smartphone sahabat Mampoo tidak gampang ngedrop, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan saat melakukan charge baterai hp, yaitu:

Cara Charge Baterai dengan benar: jangan biarkan baterai habis total

1. Habis total

Yang paling utama adalah, jangan biarkan baterai smartphone kalian habis total. Apalagi ketika habis total, kalian masih paksa hp untuk dinyalakan. Jika hal ini dilakukan akan berakibat fatal, baterai akan cepat rusak dengan ditandai dengan mudah drop.
Baterai smartphone sebaiknya dijaga agar daya yang disimpan di dalamnya tetap di atas 50 persen atau minimal 20 persen.

Gambar Lenovo S920

Cara Charge Baterai dengan benar: jangan charge semalam suntuk

Memang, ini sering dilakukan karena pada saat malam kita tidur, dan hp pun kita buat kenyang karena tidak ada aktifitas yang berarti.
Sebenarnya hal ini tidak selamanya salah, karena charger-charger smartphone sekarang dilengkapi dengan pemutus listrik. Pemutus listrik ini akan bekerja ketika indikator baterai telah menunjukkan 100%.
Mengisi baterai sebentar saja hingga terisi penuh secara berkali-kali malah lebih baik untuk kesehatan baterai dibanding dibiarkan dalam kondisi nol persen atau 100 persen secara terus-menerus.

Gambar Lenovo S920

Cara Charge Baterai dengan benar: jangan charge di tempat panas

Jangan biarkan smartphone sahabat Mampoo berada di atas dashbord mobil yang panas, karena baterai litium idealnya disimpan dalam suhu 15 derajat celsius. Suhu ekstrem yang bisa ditangani adalah antara minus 40 hingga 50 derajat celsius.

Gambar Lenovo S920

Cara Charge Baterai dengan benar: chaarge dicolokan langsung

Charge smartphone sahabat Mampoo langsung ke colokan listrik. Karena dengan menghubungkan ke colokan listrik, baterai akan lebih cepat penuh daripada apabila dihubungkan ke soket USB komputer ataupun laptop.

Nah dengan 4 langkah mudah mengecharge baterai ini diharapkan baterai smartphone sahabat Mampoo lebih awet dan berumur panjang. Selamat mencoba ya

Gambar Lenovo S920