Terungkap! Ini Rahasia Samsung Galaxy Note 7 Rentan Terbakar

Samsung akhirnya mengungkap rahasia besar yang menyebabkan Samsung Galaxy Note 7 mudah terbakar. Ternyata ada dua faktor utama

435
views
foto Samsung Galaxy Note 7
Kedatangan Samsung Galaxy Note 7 tertunda. Sumber foto: Samsung.com/id

Samsung Galaxy Note 7 yang merupakan salah satu smartphone flagship produksi Samsung yang dibekali dengan teknologi canggih terpaksa harus mati di usia yang sangat muda.

Bagaimana tidak mati di usia muda, produk yang umurnya tidak sampai setahun ini terpaksa produksinya harus dihentikan oleh Samsung karena banyaknya laporan dari penggunanya yang mengatakan Samsung Galaxy Note 7 milik mereka tiba-tiba saja terbakar.

Bahkan sampai tingginya tingkat laporan mudah terbakarnya Samsung Galaxy Note 7 tersebut, dunia penerbangan pun sampai ikut melarang para penumpangnya membawa Samsung Galaxy Note 7 ke dalam penerbangan mereka.

Dan Samsung akhirnya menghentikan produksi Samsung Galaxy Note 7 serta memulai penyelidikan.

Samsung ungkap hasil penyelidikan Samsung Galaxy Note 7

Setelah selama lima bulan tutup mulut, Samsung akhirnya membeber hasil penyelidikan mereka dalam sebuah pers konferense yang digelar pada hari Senin (23/1/2017) kemarin.

Dan inilah dua faktor utama penyebab Samsung Galaxy Note 7 seperti yang disebutkan oleh chief Samsung Mobile, DJ Koh.

1. Casing Baterai terlalu kecil

Permasalahan utama dari Galaxy Note 7 yang mudah terbakar berasal dari casing baterai Galaxy Note 7 yang terlalu kecil serta posisi ujung elektroda negatif di sudut kanan atas baterai.

Hal ini menurut Samsung menyebabkan hubungan pendek internal karena pita isolasi juga tidak terpasang.

Penyelidikan ini dilakukan oleh tiga perusahaan independen yang terdiri dari UL, Exponent dan TUV Rheinhald dan 700 staf penguji, 200 unit ponsel serta menghabiskan 30 ribu baterai

2. Waktu yang pendek

Samsung yang ingin mengukuhkan diri sebagai perusahaan ponsel yang selalu berinovasi dalam waktu dekat serta ingin mengungguli peluncuran iPhone 7 mengaku terlalu terburu-buru dalam meluncurkan Galaxy Note 7 ini.

Dalam Galaxy Note 7 Samsung memang menyematkan beberapa fitur unggulan seperti pemindai iris dan anti air yang tak akan dimiliki oleh kompetitor Samsung.

Namun sayangnya waktu yang pendek untuk menyiapkan sebuah produk flagship serta tergesa-gesa membuat Samsung terlewat tentang quality control pada baterai yang digunakan oleh Galaxy Note 7 ini.

Ketergesa-gesaan ini pun akhirnya harus dibayar sangat mahal oleh Samsung.

Berita Terkait
  • Rahasia Samsung Galaxy Note 7 Mudah Meledak Segera Terkuak