Sahabat Mampoo pasti saat ini sudah mempersiapkan perjalanan untuk mudik bukan?
Entah mudik nanti akan menggunakan mobil pribadi, pesan tiket pesawat, pesan tiket kereta api, bus maupun kapal laut, tetapi tentu yang terpenting adalah keselamatan di jalan hingga sampai ke tempat tujuan.

Bagi sahabat Mampoo yang mudik menggunakan mobil pribadi, tentu ada keasyikan tersendiri ketika melakukan perjalanan mudik dengan jarak yang cukup jauh bersama dengan anggota keluarga tercinta.
Meskipun perjalanan mengasyikkan, jangan pernah sekalipun melupakan keselamatan selama dalam perjalanan.

cara mengendarai mobil
cara mengendarai mobil

Berikut ini rekomendasi berkendaraan aman agar perjalanan mudik agar selamat hingga tujuan :

1. Posisi Pengemudi

Posisi pengemudi jangan terlalu dekat dengan kemudi. Jok boleh saja dimajukkan, tetapi sandaran sedikit direbahkan.
Posisi mengemudi yang tepat akan membuat respon pengemudi cepat dan akan mengurangi rasa cepat lelah serta kram di kaki.

2. Penumpang

Penumpang juga mengambil peranan keselamatan penting, terutama penumpang yang duduk di barisan depan.
Posisi penumpang yang berada di barisan depan jangan terlalu maju dan menunduk, karena hal ini akan dapat mengurangi pandangan pengemudi ke area samping kiri kendaraan serta mengurangi pandangan ke kaca spion kiri.
Bagi penumpang anak-anak, jangan biarkan si kecil duduk di depan, karena sangat berbahaya bagi keselamatannya. Si kecil lebih aman duduk di belakang.

3. Barang Bawaan

Tempatkan barang bawaan di bagasi atau ditempat lain yang aman. Jangan meletakkan barang bawaan di depan penutup airbag, karena apabila airbag mengembang akan dapat membuat benda tersebut terlempar dan mencederai penumpang lain.

Selamat melakukan perjalanan mudik bersama keluarga, dan semoga sahabat Mampoo dapat selamat sampai tujuan.