Wisata Air Terjun Coban Talun Malang, Makin Ramah Untuk Pengunjung

Air Terjun Coban Talun merupakan wana wisata yang ada di Kota Malang dan Kota Batu yang saat ini tengah berkembang dan menjadi salah satu wisata favorit di Kota batu.

17
views
Air Terjun Coban Talun aman untuk anak-anak
Air Terjun Coban Talun aman untuk anak-anak

Coban Talun merupakan nama salah satu air terjun yang ada di Kota Malang, atau tepatnya di Kota Batu.

Untuk menuju ke air terjun Coban Talun ini bisa ditempuh melalui dua jalur darat yang berbeda yaitu melalui jalur Cangar dan melalui jalur kota Batu.

Menuju Coban Talun melalui jalur Cangar

Jika sahabat Mampoo memilih melalui jalur Cangar, sahabat Mampoo akan melewati jalan khas pegunungan, karena jalur ini memang melewati tengah-tengah pegunungan.

Jika melewati jalur ini, pastikan kondisi kendaraan harus benar-benar fit, karena banyak tanjakan dan turunan tajam di jalur ini. Skill mengemudipun akan sangat mempengaruhi kelancaran melewati jalur ini.

Keindahan panorama di sepanjang perjalanan dan hangatnya air panas Cangar akan menjadi obat sendiri bagi ketegengan selama perjalanan.

Perjalanan dari kawasan wisata Cangar ke Coban Talun hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15-30 menit saja.
Pastikan sahabat Mampoo membaca papan petunjuk arah menuju kawasan wisata Coban Talun, karena belokan ke kanan menuju ke kawasan wisata Coban Talun tidak begitu lebar.

Menuju Coban Talun melalui kota Batu

Jalur yang kedua adalah melewati jalur Kota Batu menuju wisata Selecta atau Cangar.

Dari wisata Selecta, letak Coban Talun masih lebih jauh dan naik lagi, namun sebelum wisata Cangar.

Melewati jalur ini tidak “seseram” jika melewati jalur Cangar, karena meskipun jalannya naik dan berliku namun di sepanjang jalan masih banyak rumah-rumah penduduk.

Dari kota Batu, untuk menuju ke kawasan wisata Coban Talun, sahabat Mampoo akan diarahkan untuk berbelok ke kiri. Papan penunjuk lokasi wisata sangat jelas, jadi jangan takut untuk tak membacanya.

Air terjun Coban Talun

Jika telah sampai di kawasan wisata Coban Talun Malang, sahabat Mampoo wajib dan harus datang ke tempat air terjunnya yang tak jauh dari area parkir.

Kenapa?
Karena air terjun Coban Talun lah yang sebenarnya menjadi daya tarik wisata Coban Talun itu sendiri. Sedangkan beberapa obyek wisata yang ada di kawasan wisata Coban Talun seperti taman bunga, taman ayunan, rumah Indian, pagupon dan masih banyak lagi hanyalah pernak-perniknya.

Untuk menuju ke kawasan air terjun Coban Talun ini memang agak jauh. Tetapi jika sahabat Mampoo malas berjalan kaki, sahabat Mampoo bisa menyewa ojek yang akan mengantarkan ke lokasi terdekat air terjun.

Tetapi untuk menuju air terjunnya, dari lokasi terdekat yang dapat dijangkau oleh ojek tersebut, sahabat Mampoo masih harus berjalan kaki kurang lebih 15-20 menit lagi.

Jika sahabat Mampoo termasuk petualang, lebih baik tidak perlu menyewa ojek. Karena menuju ke air terjun Coban Talun ini, sahabat Mampoo akan disuguhi beberapa wahana Coban Talun yang menarik seperti taman 1000 ayunan, dan foto dengan latar belakang kota Batu dan kota Malang.

Yang istimewa, di bawah tempat foto ini adalah lokasi air terjun Coban Talun.

Dari area parkir, waktu tempuh ke lokasi air terjun Coban Talun tidaklah lama. Jika berjalan kaki, paling lama 45 menit sudah sampai di lokasi air terjun Coban Talun.

Mampoo sendiri sempat terheran-heran dengan kondisi air terjun Coban Talun saat ini. Kondisinya jauh sangat berbeda dari kondisi 10 tahun yang lalu saat air terjun Coban Talun ini masih belum dibangun seperti sekarang.

Spot foto di air terjun coban talun malang
Spot foto di lokasi air terjun

Mampoo pun kemudian berusaha mengorek keterangan dari salah satu penduduk setempat yang membuka usaha warung dan toilet di lokasi air terjun yang sangat indah ini.

Orang tersebut ternyata adalah orang yang menurut pengakuannya adalah yang membuat kawasan air terjun di Coban Talun yang dulunya terkenal angker dan sulit dijangkau oleh wisatawan menjadi sebuah wisata air terjun yang menjadi lebih ramah buat pengunjung Coban Talun, terutama pengunjung wanita dan anak-anak yang ingin menikmati keindahan panorama di kawasan Coban Talun.

Berdasarkan pengakuan dari bapak tua tersebut, Mampoo mendapatkan informasi jika pembukaan lahan kawasan wisata Coban Talun ini merupakan hasil kerja keras swadaya. Dan beliaupun berpesan, jika kondisi mendung dan hujan deras, lebih baik para pengunjung air terjun untuk segera kembali naik ke atas ataupun melarang untuk turun ke air terjun, karena kondisi di air terjun akan sangat berbahaya akibat bisa terjadi banjir maupun longsor.

Pada saat tersebut, kebetulan cuaca sangat cerah dan Mampoo berjalan beriringan bersama keluarga besar bersama anak-anak kecil dan juga dengan istri yang sedang hamil 5 bulan.
Alhamdulillah perjalanan menuju ke air terjun Coban Talun dari area parkir dapat ditempuh dengan aman dan tanpa hambatan, meskipun harus beberapa kali berhenti karena para istri yang kelelahan berjalan.

Ibu hamil di air terjun coban talun malang
Ibu hamil pun sampai juga di kawasan wisata air terjun Coban Talun yang indah

Seusai dari kawasan air terjun ini, sempatkan juga bermain di aliran sungai di kawasan wisata Coban Talun yang lokasinya dekat dengan Cafe Hutanku. Airnya yang bersih dan segar membuat ingin mandi. Tapi kalau mau mandi jangan lepas seluruh baju ya, karena banyak penduduk setempat maupun wisatawan lain yang hilir mudik melalui jalur ini.

sungai di coban talun
sungai di coban talun

Cafe Hutanku, Cafe Unik dan Romantis di Kawasan Wisata Coban Talun

Berikut ini foto-foto keindahan wana wista air terjun Coban Talun yang semakin ramah untuk para pengunjungnya.

Berita Terkait
  • Cafe Hutanku, Cafe Unik dan Romantis di Kawasan Wisata Coban Talun