Bahaya dan Fungsi Sensor Gyroscope di Android

3014
views
hasil tes motorola moto g

Sensor Gyroscope adalah sebuah sensor gerak yang saat in telah ada di hampir semua smartphone. Dengan sensor ini pengguna smartphone akan dengan mudah merubah tampilan layar dari posisi portrait ataupun landscape hanya dalam hitungan sepersekian detik saja.

Namun ternyata kecanggihan sensor gerak tersebut memiliki bahaya. Bahaya sensor Gyroscope ini diyakini mampu digunakan sebagai pengaktif alat perekam pada smartphone yang dapat digunakan sebagai alat mata-mata tanpa harus menginstall aplikasi apapun.
Tingkat keberhasilan penyadapan suara oleh sensor ini diklaim mencapai 65 persen apabila dibandingakn dengan mikrofon asli yang biasa digunakan oleh badan intelejen.

hasil tes motorola moto g

Peneliti juga telah membuat pernyataan secara resmi kepada Google untuk menanggapi dengan serius penemuan ini, karena diketahui bahwa sensor gyroscope di smartphone android lebih mudah diubah menjadi alat penyadap suara ketimbang smartphone milik Apple.

Hal ini bisa terjadi karena Android membatasi sensor gyroscope mampu menangkap suara di frekuensi 200Hz, sedangkan Apple membatasi sensornya di frekuensi 100 Hz. Sebagai pertimbangan, suara manusia berada di frekuensi 80 hingga 250 Hz.